Amalan Imam Syafii di hari Jumat: Baca Surat Kahfi dan Perbanyak Selawat

Amalan Imam Syafii pada hari jumat yang penuh berkah. Hari jumat juga menjadi hari yang dilingkupi dengan banyak kesunahan. Maka barangsiapa mengerjakannya akan mendapatkan pahala.

Banyak nasehat atau wejangan para ulama tentang bagaimana kita mengistimewakan hari Jumat ini. Tentunya dengan amalan yang baik.  

Salah satu nasehat datang dari Imam Syafii. Ulama fikih ini memberikan kita beberapa wejangan yang bisa dilakukan pada saat di hari Jumat. Salah satunya adalah dengan membaca surat al Kahfi.

Disebutkan dalam kitab al Umm, Imam Syafi’i berkata,” Telah mengabarkan kepadaku Ibrahim bin Muhammad, ia berkata telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman bin Ma’mar bahwa Nabi saw bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat’.

Beliau juga berkata, dan telah sampai kepadaku riwayat yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat al-Kahfi maka ia dilindungi dari fitnahnya Dajjal.

Selanjutnya beliau mengatakan, bahwa saya menyukai banyak-banyak membaca shalawat kepada Nabi SAW dalam setiap keadaan, sedang pada hari Jumat saya lebih menyukainya (dengan memperbanyak lagi membaca shalawat), begitu juga saya suka membaca surat al-Kahfi pada malam Jumat dan siangnya karena adanya riwayat dalam hal ini”

Surat Al Kahfi memang mempunyai banyak kesitimewaan. Surat ke-18 dari Al Quran ini memiliki fadhilah antara lain ketika seseorang yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat akan dianugerahi cahaya antara dia dan Ka’bah. Hal itu seperti yang diriwayatkan oleh Addarimi dalam kitabmya

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Dari Abi Said Al Khudhri berkata: Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka dia akan disinari cahaya dari antaranya dan Ka’bah.  (Sunan Addarimi no. 3450)

Selain amalan Imam Syafii yang diatas, jika seseorang mampu menghafal 10 ayat pertama dari surat ini, yaitu akan terjaga dari fitnah Dajjal. Hal itu seperti yang tertulis dalam kitab Sahih Muslim

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Dari Abi Darda’, sesungguhnya Nabi SAW bersabda: Siapa yang menghafal 10 ayat dari awal surat Al Kahfi, maka akan terjaga dari (fitnah) Dajjal. Wallahu A’lam bis Showab (Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain