Perbanyaklah Berdoa di Hari Jumat

Berdoa memiliki banyak fadilah atau keutamaan. Karena itulah, doa memiliki beberapa keutamaan dan keistimewaan. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa berdoa adalah otaknya ibadah. Maksudnya adalah dalam doa diperlihatkan penghambaan kepada Allah SWT. Melalui doa juga merupakan bentuk bahwa Allah Ta’ala adalah tempat meminta dan memohon dan kita hanyalah seorang hamba yang hina dan selalu dalam kekurangan.

Disebutkan oleh para ulama bahwa doa juga mempunyai waktu-waktu yang Mustajab. Salah satunya adalah hati Jumat. Salah satunya adalah Syekh Nawawi Banten. Dalam Nihayatuz Zain, Syekh Nawawi mengatakan: Disunnahkan berdoa, maksudnya memperbanyak doa pada siang hari dan malam hari Jumat. Adapun memperbanyak doa di siang hari harapannya agar sesuai dengan waktu ijabah. Pendapat yang shahih tentang waktu ijabah adalah antara duduknya khatib sampai selesai shalat. Maksudnya bukan seluruh waktu, tapi hanya sebentar dari rentang waktu tersebut.

Selain itu Imam As-Syafi’i berkata, “Telah sampai hadits kepadaku bahwa doa diijabah pada malam Jumat dan ini bisa diqiyaskan dengan siang harinya.”

Disebutkan bahwa memperbanyak doa sangat dianjurkan pada siang hari dan malam hari Jumat. Bahkan beberapa ulama memberikan wirid khusus untuk dibaca pada hari Jumat. Disamping itu ada beberapa waktu di hari Jumat yang menjadi waktu istijabah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan tentang hari Jum’at, lantas beliau bersabda,” Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Memang tidak ada yang mengetahui secara pasti waktu yang dimaksud Rasulullah saw itu. Namun ulama menjelaskan waktu istijabah berdoa di hari Jumat adalah ketika antara khatib naik mimbar sampai shalat Jumat selesai. Namun ketidak pastian waktu  yang dimaksud itu, maka sebaiknya perbanyaklah berdoa. Selain itu  di hari Jumat juga dianjurkan memperbanyak sedekah, membaca selawat  dan amal saleh lainnya. (Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw