Tiga Sifat Orang Munafik Menurut Kitab Adwa Al Bayan

Sifat Orang Munafik

Seorang mufasir yang bernama Muhammad al Amin bin Muhammad Muhtar al Jakani asy Syanqiti dalam kitabnya yang berjudul Adwa al Bayan menyebutkan menggambarkan bahwa sifat orang munafik itu seperti orang buta, tuli dan bisu.

Hal ini disebabkan karena mereka sengaja menutup telinga, mengunci mulut, menutup mata dari kebenaran. Orang munafik juga menutup hati mereka dari petunjuk Allah SWT dan Rasul Nya.

Sifat orang munafik atau orang yang ingkar disebut 27 tempat dan termasuk surat madaniyah. Bahkan ada surat khusus bernama surat al munafikun yang terdiri dari 11 ayat.

Rinciannya ayat 1 hingga 8 menerangkan sifat-sifat orang munafik dan ayat 9-11 berisi peringatan bagi orang-orang mukmin.

orang munafik

Adapun ciri-ciri orang munafik dalam Al Qur’an adalah sebagai berikut:

  1. Berdusta. Allah berfirman dalam surat al Munafikun ayat satu : “Apabila orang-orang munafik datang kepadamu (Muhammad), mereka berkata, “Kami mengakui, bahwa engkau adalah Rasul Allah.” Dan Allah mengetahui bahwa engkau benar-benar Rasul-Nya; dan Allah menyaksikan bahwa orang-orang munafik itu benar-benar pendusta.
  2. Ingkar janji dan berkhianat. Allah SWT berfirman dalam surat al Munafikun ayat 2 : “Mereka menjadikan sumpah-sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Sungguh, betapa buruknya apa yang telah mereka kerjakan. Menurut beberapa hadis yang di riwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam An Nasai dan Imam At Tirmidzi dari Abu Hurairah bahwasanya tanda orang munafik ada 3 yaitu apabila berbicara berdusta, jika berjanji mengingkari, dan jika diberi amanat berkhianat.”
  3. Sombong dan menyombongkan diri. Allah SWT berfirman  dalam surat al Munafikun ayat 5 yang artinya : “Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Marilah (beriman), agar Rasulullah memohonkan ampunan bagimu,” Mereka membuang muka dan engkau lihat mereka berpaling dengan menyombongkan diri.”

Karena sifat orang munafik itulah Allah menyebut mereka sebagai orang fasik bahkan disamakan dengan orang kafir. Untuk itu mari kita menjauhkan diri dari sifat-sifat munafik yang sangat dibenci Allah SWT.

Ibnu Abi Mulaikah (wafat 117 H) berkata, “Aku bertemu dan berteman dengan 30 sahabat besar Nabi Muhammad SAW yang selalu merasa ketakutan bila digolongkan sebagai orang munafik. Tidak ada seorang pun di antara mereka yang menyombongkan keimanan dan kesalehannya ataupun membual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain