Surat Yasin dan Keutamaannya

Yasin adalah hati al-Qur’an. Tidak membaca oleh seseorang yang menginginkan Allah dan negeri akhirat kecuali Allah mengampuninya (H.R. Thabrani)

Itulah salah satu keutamaan membaca surat Yasiin. Banyak keutamaan atau fadilah yang lainnya ketika kita membacanya.  Dalam hadis lain disebutkan: “Dari Anas, Bersabda Nabi SAW : Sesungguhnya bagi setiap sesuatu ada hatinya. Hati al-Qur’an adalah Yasin. Barangsiapa membaca Yasin, maka dengan sebab membacanya, Allah mewajibkan untuknya pahala sepuluh kali membaca al-Qur’an (H.R. Turmidzi).

Surah Yasin adalah surah ke-36 dalam al-Qur’an dan terdiri atas 83 ayat. Surat Yasin termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Menurut Imam Gazali penamaan itu disebabkan karena surat Yasin menekankan uraiannya tentang hari kebangkitan, sedangkan keimanan baru dinilai kebenarannya, kalau seseorang mempercayai hari kebangkitan sepenuh hatinya. Surat Yasin dianjurkan untuk dibaca bagi yang mati atau akan mati, disebabkan karena seseorang yang akan meninggal dunia hatinya gentar menghadap Allah SWT.

Berikut adalah keutamaan membaca surat Yasin :

Pertama. Jika dibacakan kepada orang yang sedang menghadapi sakaratul maut maka dapat mempermudah keluarnya ruh. Rasulullah SAW bersabda , “Bacakanlah untuk orang yang akan mati surat Yasin” (HR. Abu Daud).

Kedua. Membaca surat Yasin satu kali pahalanya seperti membaca Al-Qur’an 10 kali.

Ketiga. Membaca surat ini akan mendapatkan ampunan dari allah SWT, dikabulkan keinginannya, mendapatkan kebaikan dan menolak kejahatan. Jika membaca surat Yasin pada malam hari maka akan mendapat ampunan. Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah SAW bersabda: Siapa saja yang membaca Surat Yasin pagi pagi hari atau malam hari menuntut keridaan Allah, maka ia akan diberikan ampunan”.

Keempat. Membaca Surat Yasin akan memperoleh kemudahan.  Berkata Ibnu Abbas: Siapa saja yang membaca Surat Yasin di pagi hari, maka ia akan diberikan kemudahan dari pagi hingga sore hari. Siapa saja yang membaca Surat Yasin di awal malam, maka ia akan diberikan kemudahan dari awal malam sampai waktu subuh”. Wallahu A’lam bi Showab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain