Melaksanakan Sholat Tahajud akan Mendapatkan 9 Kemuliaan

Kita dianjurkan oleh Rasulullah saw untuk melakukan solat tahajud. Sholat ini adalah merupakan sholat sunnah muakkad, yaitu sholat sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.  Allah SWT berfirman dalam QS Al Isra ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bertahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Tahajud  bisa diartikan bangun tidur dengan berat. Arti ini oleh para ulama menjadi syarat bahwa melaksanakan sholat tahajud harus tidur terlebih dahulu. Sedangkan menurut istilah tahajud adalah salat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah melaksanakan salat isya dan setelah bangun tidur.

 Dalam kitab  kitab Duratun Nasihin pada bab Tahajud disebutkan bahwa sholat tahajud memiliki 9 keutamaan. Hal ini sebagaiamana sabda Rasulullah saw. yang berbunyi,” Barangsiapa mengerjakan sholat tahajjud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tertib dan rapi, maka Allah SWT memberikan sembilan macam kemuliaan. Lima macam kemuliaan di dunia dan 4macam kemuliaan di akherat.”

Adapun lima macam kemuliaan di dunia adalah:

  1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
  2. Tanda ketaatan akan nampak di mukanya
  3. Akan dicintai para hamba Allah yang soleh dan dicintai oleh semua manusia
  4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
  5. Akan dijadikan bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangan empat keutamaan yang diperoleh di akherat adalah:

  1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan
  2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab
  3.  Ketika menyeberangi jembatan Shiratal Mustaqim, bisa melaksanakan dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
  4. Catatan amalnya diberikan di tangan kanan.  

Sholat tahajud bisa menjadi amalan yang selalu dikerjakan secara istiqomah. Adalah sebuah nikmat yang luar biasa ketika bisa bangun dalam sepertiga malam untuk menunaikan sholat sunah yang memiliki banyak keutamaan ini. Untuk itu marilah menunaikan sholat tahajud di keheningan malam yang sunyi seraya berdoa secara khusyuk kepada Allah dengan segenap harapan dan penuh keyakinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw