Ini Waktu yang Tepat untuk Mandi Jumat Menurut Syekh Nawawi Banten

Ada waktu terbaik mandi jumat yang perlu diamalkan yang sesuai dengan anjuran ulama .

Bagi umat Islam hari Jumat adalah hari mulia. Di dalam rajanya hari ini banyak kesunahan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah kesunahan untuk mandi sebelum melakukan solat Jumat. Ada beberapa hadis yang menganjurkan mandi sebelum solat jumat.

Pertama, hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas.“Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Siapa yang ingin melaksanakan solat Jumat, didukunglah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak), ”(HR Ibnu Majah).

Kedua, hadis lain dari Ibnu Umar dan Anas bin Malik yang menceritakan bahwa Malaikat berdoa agar Allah SWT mengampuni orang yang mandi Jumat. Hal itu dikatakan oleh Syekh Abu Bakar Syatha dalam I’anatut Thalibin yang menulis bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, “Di bawah Arasy itu terdapat sebuah kota. Dalam tafsir al-Qurtubi area tersebut terdapat tujuh puluh kota yang kota seukuran tujuh kali lipat dunia yang dihuni malaikat. Semua malaikat berdoa berdoa, “Ya Allah, ampunilah orang yang mandi pada hari Jumat dan turunan salat Jumat.

Syekh Abu Bakar Syatha mengutip hadis bahwa Nabi saw. bersabda, “Mandi pada hari Jumat itu benar-benar merontokkan dosa-dosa kecil dari pori-pori (kulit) rambut.

Syekh Nawawi Banten dalam Nihayatuz Zain menjelaskan bawa orang yang akan solat Jumat disunnahkan mandi meskipun itu tidak wajib diisi. Bahkan mengungkapkan tentang waktu yang baik untuk mandi Jumat: “Waktunya setelah solat subuh, maksudnya dari terbit fajar sodiq sampai khatib naik mimbar, atau setelah selesai solat dan saat mandi mau pergi solat Jumat lebih utama karena lebih dekat dengan tujuan, yaitu untuk menghilangkan bau yang tidak enak. ”

Pendapat ini menunjukkan bahwa sunah mandi Jumat adalah dari terbit fajar sodik (masuknya waktu subuh) hingga  khatib naik mimbar. Namun yang paling baik adalah ketika hendak ke masjid menunaikan solat Jumat.

Dalam tulisannya di laman nu.or.id ustadz Hengki Ferdiansyah  menjelaskan misalnya jam 11.30 kita hendak ke masjid untuk solat Jumat, maka seketika itu kita disunahkan mandi sebelum berangkat. Hal ini dikarenakan salah satu tujuan dari mandi Jumat adalah untuk menghilangkan bau tidak enak. Kalau mandi terlalu pagi dan tidak mandi lagi saat pergi ke masjid, khawatirnya badan kita bau lagi dan mengganggu konsentrasi orang yang sedang beribadah. Maka dari itu, lebih utama mandi sebelum berangkat solat Jumat dengan disertai memakai wangi-wangian agar ibadah lebih. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang