Surah- Surah Al Qur’an yang Dianjurkan Dibaca

Al Qur'an

Ada surah-surah Al Qur’an yang dianjurkan dibaca. Menurut Habib Abdullah Al Hadad banyak keutamaan yang terkandung dalam surah-surah tersebut. Sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadis, apabila kita membacanya akan kedapatan ganjaran atau pahala dan keutamaan.

Dalam kitabnya yang berjudul an Nashaaih ad Diniyyah bal Washaaya al Imaniyah. Habib Abdulllah menyebutkan beberapa surat yang mempunyai keutamaan atau fadilah saat kita membacanya. Adapun surah-surah itu adalah sebegai berikut :

  1. Membaca surah al Kahfi pada malam Jumat. Hal itu sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW : “Barang siapa membaca surah Kahfi, niscaya diampuni dosanya hingga hari Jumat berikutnya, dan dipancarkan dari tumitnya cahaya yang menjulang ke atas langit.”
  2. Membaca surah al Baqarah. Perintah ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW.yang mengatakan: “ Bacalah surah al Baqarah, karena membacanya mendatangkan berkah, meninggalkannya menimbulkan hasrat dan kekecewaan dan orang-orang yang rusak kelakuannya tidak mampu membacanya.”
  3. Membaca surah Yasin. Disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,” Yain itu hatinya Al Qur’an. Tidak seorang pun membacanya dengan niat mengarahkan dirinya kepada Allah dan hari akherat melainkan diampuni dosanya.
  4. Membaca surah al Mulk. Rasulullah SAW bersabda,” Dia (surah al Mulk) adalah surah yang mengandung berbagai manfaat dan yang menyelamatkan manusia dari azab kubur.” Disebutkan bahwa Rasulullah SAW belum akan tidur sebelum membaca surat Sajdah dan Al Mulk.
  5. Surat ad Dukhan. Membaca surat ini juga banyak keutamaannya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW.,” Barangsiapa membaca surah ad Dukhan malam hari, niscaya diampuni Allah SWT pada waktu paginya.”
  6. Surah al Waqi’ah tentang surah ini Rasulullah SAW bersabda,”Barangsiapa membacanya setiap malam, niscaya tidak akan menjadikannya miskin.”
  7. Surah at Takatsur. Tentang surah ini Nabi SAW bersabda,”Barangsiapa membacanya, sama seperti membaca seribu ayat.”
  8. Surah ikhlas. Surat ini banyak sekali keutamaannya. Rasullah SAW bersabda,” Sesungguhnya surah ini menyemai sepertiga al Qur’an dan barangsiapa membacanya sepuluh kali, dibangun untuknya satu istana dalam surga.”
  9. Surah al Fatihah. Tentang surah Al Fatihah, Rasulullah saw bersabda,”Sesungguhnya, ia adalah surah yang utama di dalam Al Qur’an. Ia dikenal sebagai sab’ul matsani ( tujuh ayat yang mengandung rahasia utama) dan juga sebagai Al Qur’an yang maha Agung. Ayat-ayat surah al Fatihah bersama-sama dengan ayat Kursi dan penutup surah al Baqarah, diturunkan dari perbendaharaan di bawah Arsy. Bahwa surat al Fatihah itu bisa menjadi penawar apa saja yang dibacakannya, dan ia adalah suatu jampi yang hak ( mujarab)
    Itulah surah-surah Al Qur’an yang dianjurkan dibaca kaum muslimin. Semoga kita mendapatkan berkahnya ketika membaca surah surah tersebut. Wallahu A’lam bi Showab.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang