Tiga Cara Membaca Al Qur’an Imam as Suyuthi

Membaca al Quran secara benar menjadi dambaam setiap muslim. Tiga cara membaca Al Qur’an menurut Imam As Suyuthi bisa menjadi panduan agara bacaan Al Qur’an tidak menyimpang.


Berikut tiga cara membaca Al Qur’an yang diambil dari buku berjudul Samudra Ilmu-Ilmu Al Qur’an yang merupakan ringkasan dari al Itqan di Ulumil Al Qur’an karya Dr. Muhammad bin Alwi Al Maliki :


Pertama, al tahqiq yaitu membaca Al Qur’an secara detail sesuai dengan hak-hak huruf. Diantaranya adalah memanjangkan bacaan madd ( nisbah al Madd), memperjelas bacaan hamzah ( tahqiq al hamzah), menyempurnakan harakat (baris), menyesuaikan dengan hukum bacaan dan tasydidnya, memperjelas bacaan tiap huruf dengan sakat (berhenti sejenak), tartil (jelas dan pelan-pelan), memperhatikan ketentuan-ketentuan waqaf (berhenti) yang benar, dan tidak memendekkan bacaan yang panjang atau menyamarkan huruf (ikhtilas) atau tidak men-sukun-kan harakat dan mengidghamkannya.


Hal ini penting dilakukan agar membaca al Qura’an kita bisa diluruskan di setiap kata dalam al Qur’an. Di samping itu membaca dengan ketentuan di atas agar tidak melampaui ketentuan yang telah diterapkan.


Kedua, al hadr atau mempercepat bacaannya, meringankannya (takhfif) dengan memendekkan yang pantas dipendekkan (qashar) dan mematikan apa yang selayaknya dimatikan (taskin), menyamarkan (ikhtilas) mengganti (badal) memperbesar dengungan (idgham) meringankan bacaan hamzah dan sebagainya selama tidak merubah ketentuan-ketentuan bahasa dan bentuk kata bahasa Arab atau nahwu sharaf.


Ketiga, pada tadwir yaitu membaca yang bersifat pertengahan antara tahqiq dan hadr. Cara ini paling banyak disepakati oleh imam qiraat yaitu memanjangkan bacaan mad munfasil sekalipun tidak sempurna..

Itulah cara membaca al Quran Imam Suyuthi. Tiga cara ini penting dilakukan agar bacaan kita menjadi baik dan benar sesuai tata bahasa Arab. Wa Allau A’lam bi Shoawab

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain