Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

al kahfi

Surat Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an. Membaca surat Al Kahfi akan mempunyai banyak faedah atau manfaat. Apalagi kalau membacanya pada hari Jumat atau malam Jumat.


Diriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa surah al-Kahfi turun secara sekaligus yang diiringi oleh tujuh puluh ribu malaikat. Sedangkan Imam Nawawi menjelaskan bahwa pada awal-awal surat al Kahfi itu tedapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah SWT

Surat Al Kahfi terletak di 15 dan di awal juz 16. Surat ini masuk dalam surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah. Ada 110 ayat dalam surat al Kahfi ini dan merupakan surat ke 18 dari keseluruhan Al Quran. Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk membacanya setiap malam Jumat hingga sebelum solat Jumat.


Pentingnya membaca surat al Kahfi sebagaimana sebuah hadis berikut yang diriwayatkan oleh Hakim bahwasanya Rasulullah SAW berkata:

إن من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

“Orang yang baca surah al-Kahfi pada hari Jumat maka akan cahaya akan terpancar kepadanya di antara dua Jumat” (HR Hakim)

Adapun faedahnya membaca surat al Kahfi adalah bagai berikut :
Pertama, Menghindarkan diri dari fitnah dajjal. Hal ini sebagaimana sebuah riwayat hadis bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:


عَنْ أَبِى الدَّرْدَاءِ أَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ. رواه مسلم وأبو داود والنسائي والترمذي

Dari Abu Darda’, bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Barang siapa hafal sepuluh ayat pertama dari surah Al-Kahfi maka ia akan dijaga/dilindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim, Abu Daud, An-Nasa’i dan At-Tirmidzi).

Kedua,diberikan cahaya bagi yang membacanya di hari Jumat


عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ. رواه الحاكم.

Dari Abu Said Al-Khudri r.a. bahwasannya Nabi SAW. bersabda, “Sungguh siapa membaca surah Al-Kahf di hari Jumat, maka baginya cahaya yang terang antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain