Perbanyak Membaca Sholawat Nabi di Bulan Sya’ban

nabi muhammad saw

Bulan Sya’ban adalah salah satu bulan mulia. Salah satu ibadah yang sangat banyak keutamaannya di bulan ini adalah memperbanyak membaca sholawat nabi

KH Achmad Chalwani Nawawi pengasuh PP An-Nawawi Berjan, Purworejo, pernah mengatakan bahwa dalam kitab Madza Fi Sya’ban disebutkan bahwa bulan Sya’ban adalah bulan shalawat. Hal ini didasari bahwa ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sholawat diturunkan oleh Allah pada bulan Sya’ban.

Ayat yang dimaksud adalah surah al-Ahzab ayat 56.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Sayyid Muhammad bin ‘Alawy bin Abbas dalam kitab Mā Dzā Fī Sya’bān (h. 31-38) menyebutkan keutamaan membaca sholawat nab seperti dikutip dari laman bincangsyariah.com:

Pertama, orang yang bersholawat kepada Nabi satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh. Tentang hal ini Nabi SAW bersabda “Orang yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershawat kepadanya sepuluh shalawat” (H.R Muslim)

Kedua, orang yang bersholawat kepada Rasulullah, maka Rasulullah juga akan bersholawat kepadanya. Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda “Orang yang bershawat kepadaku maka shalawatnya akan sampai kepadaku, maka aku akan bershalawat juga kepadanya, kemudian akan ditetapkan bagi orang tersebut semisal sepuluh kebaikan.” (H.R Thabrani)

Ketiga, orang yang bersholawat kepada Nabi, maka Malaikat-malaikat Allah akan bersholawat kepadanya. Tentang hal ini Rasulullah bersabda “ Baru saja datang kepadaku Jibril (sebagai perintah dari Allah) berkata (Jibril): tidak ada seorangpun Muslim diatas Bumi ini yang bershawat kepada engkau satu kali saja, kecuali aku dan para Malaikat lainnya akan bershalawat kepadanya sepuluh kali” (H.R Thabrani)

Keempat, urang yang bershalawat kepada Nabi maka derajatnya akan diangkat, kebaikan atasnya akan ditambah, dan dihapuskan terhadapnya kesalahan-kesalahannya. Rasulullah SAW bersabda “Umatku yang bersholawat kepadaku dengan tulus dari lubuk hatinya, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh sholawat, diangkat baginya sepuluh darajat, ditetapkan baginya sepuluh kebaikan, dan dihapuskan baginya sepuluh keburukan” (H.R Nasa`i)

Kelima, orang yang bersholawat kepada Nabi, maka ia akan mendapatkan pahala semisal memerdekakan sepuluh orang budak.Rasulullah bersabda “siapa saja yang bershalawat kepadaku satu kali saja, maka Allah akan menulis baginya sepuluh kebaikan, dihapuskan baginya sepuluh kesalahannya, dia akan mendapatkan pahala semisal memerdekakan sepuluh orang budak”.

Keenam bersholawat kepada Rasulullah SAW menjadi penyebab diampunkannya dosa-dosa. Rasulullah pernah berkata kepadanya “ Wahai aba Kahil! Siapa saja yang bershalawat kepadaku tiap hari sebanyak tiga kali dan tiap malam tiga kali dengan penuh kecintaan dan kerinduan kepadaku, maka ia berhak mendapatkan ampunan Allah pada hari dan malam itu” (H.R Thabrani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

nyadran

Tradisi Menyambut Ramadhan

Di Indonesia menjelang Ramadhan mempunyai banyak tradisi. Sebagai penduduk Islam yang banyak, bulan suci ini sangatlah di tunggu-tunggu. Tradisi menyambut Ramadhan bahan menjadi acara tahunan