Bersahurlah Maka Akan Mendapatkan Keberkahan

sahur

Santap sahur adalah salah satu ajaran yang disunahkan saat bulan Ramadhan ini. Tujuannya adalah agar menjadi kuat saat menjalankan puasa. Bahkan kalau kita melakukan sahur akan mendapatkan berkah. Maka bersahurlah maka akan mendapatkan keberkahan

Menurut pandangan ulama sahur dapat dilakukan pada dini hari. Namun disunahkan menyantap sahur menjelang Subuh dengan melihat waktu imsak. Rasulullah SAW bersabda bahwa dalam santapan hidangan sahur ada berkahnya. Oleh karena itu bersahurlah meski dengan seteguk air, sepotong roti, sebutir kurma, atau sesuap roti.

“Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur.’” (HR Ahmad).

Dari hadis ini dapat disebutkan bahwa hidangan sahur mengandung keberkahan. Tidak hanya Rasulullah SAW yang mendoakan tetap juga para malaikat. Adapun lafal di doa yang dibaca Rasulullah SAW untuk mereka yang menyantap hidangan sahur.

   يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullâhul mutasahhirîn.

Artinya, “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.

Doa tersebut dikutip dari hadits Rasulullah SAW riwayat Imam At-Thabarani berikut ini: “Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,’” (HR At-Thabarani).

Namun ada juga doa ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Thabrani dari Abu Umamah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

اللَّهمَّ بارِك لأمَّتي في سحورِها ، تسحَّرُوا ولو بشربَةٍ من ماءٍ ، ولو بتَمرةٍ ، ولو بحبَّاتِ زبيبٍ ، فإنَّ الملائِكةَ تصلِّي عليكُم

Artinya : “Ya Allah, berkahilah umatku dalam makan sahurnya. Makan sahurlah kalian meskipun hanya dengan seteguk air, meskipun dengan satu kurma, meskipun dengan beberapa biji anggur, karena sesungguhnya para malaikat mendoakan kalian.”

Selain itu, Nabi Saw juga mendoakan dengan kalimat berikut;

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى اْلمُتَسَحِّرِيْنَ

Allohumma sholli ‘alal mutasahhiriin.

Artinya “ Ya Allah, limpahkan rahmat kepada orang-orang yang makan sahur.”

Doa ini berdasarkan hadis riwayat Ibnu ‘Adi dari Sa’id Al-Khudri, Nabi Saw bersabda “ Ya Allah, limpahkan rahmat kepada orang-orang yang makan sahur. Makan sahurlah kalian meskipun kalian makan satu suapan atau minum satu tegukan air.

Maka dari itu bersahurlah maka akan mendapatkan keberkahan. (Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain