Pesan Rasulullah saw. tentang Pentingnya Berdzikir

dzikir

Berdzikir menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama. Secara harfiah, dzikir bisa bermakna mengingat Allah SWT melalui berbagai macam bacaan dan kalimat-kalimat thayyibah. Ada beberapa pesan Rasulullah saw tentang pentingnya berdzikir dalam beberapa hadistnya.

Berikut hadits tentang dzikir :

Pertama :

“Perumpamaan antara orang yang dzikir pada Tuhannya dan yang tidak, seperti antara orang yang hidup dan yang mati. (HR Bukhari)

Kedua :

“(Allah berkata) Aku adalah teman duduk siapapun yang berdzikir kepadaku.” (HR. Dailami dan Baihaqi)

Ketiga :

“ Allah berkata) Aku bersama hamba Ku ketika ia mengingat-Ku (berdzikir kepada Ku).” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Keempat :
“ Allah Ta’ala mewahyukan, aku tergantung pada persangkaan hamba-Ku kepada-Ku, Aku bersamanya ketika mengingat-Ku

Kelima :

“Tidakkah aku akan memberitahumu tentang tindakan terbaikmu, yang paling murni di hadapan Tuhanmu, yang menaikkan peringkatmu ke posisi tertinggi, yang lebih baik bagimu daripada menghabiskan emas dan perak, lebih baik daripada bertemu musuhmu sehingga kau menyerang di leher mereka dan mereka menyerang Anda? ‘Mereka menjawab, ‘Ya, memang’, lalu Nabi bersabda, Itu adalah mengingat Allah.” (HR At-Tirmidzi)

Keenam :

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Nabi bersabda, “Allah berfirman, “Aku memperlakukan hambaku seperti dia berharap aku akan memperlakukannya. Aku bersamanya setiap kali dia mengingat Aku: jika dia memikirkan Aku, Aku memikirkannya; jika dia menyebut-Ku di dalam jiwanya,  Aku menyebut dia di diriku, Jika dia menyebut-Ku dalam level tertentu, Aku akan menyebutnya yang lebih baik. Jika dia mendekat kepada-Ku satu jengkal tangan, Aku mendekatinya sejauh lengan; dan jika dia mendekat kepada-Ku sejauh satu lengan, Aku semakin mendekat dengan jarak dua tangan yang terentang lebih dekat dengannya; dan jika dia mendatangi-Ku dengan berjalan, Aku pergi padanya sambil berlari. ” (Al-Bukhari dan Muslim)

Ketujuh :

Abu Musa Al-Asy’ari meriwayatkan bahwa Nabi bersabda, “Persamaan seseorang yang mengingat Tuhannya dan seseorang yang tidak mengingatnya adalah seperti orang hidup dan mati.” (HR Al-Bukhari).

Itulah beberapa pesan Rasulullah saw. tentang pentingnya berdzikir. Untuk itu marilah sellau menjaga dzikir kita agar mendapatkan berakoh dan ridho Allah Taa’la. Wallahu A’lam Bishowab (Dari berbagi sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain