Nasehat Dzun Nun al Misri tentang Kerusakan yang Merasuki Diri

Banyak hal yang membuat diri dan jiwa kita rusak. Salah satunya adalah dengan mengikuti hawa nafsu. Karena pentingnya mengendalikan hal-hal yang merusak diri dan jiwa kita, maka beberapa ulama memberikan berbagai nasehat agar jiwa dirasuki hawa nafsu. Salah satunya adalah nasehat Dzun Nun al Misri tentang kerusakan yang merasuki diri dan jiwa manusia.

Dzun Nun adalah salah satu sufi yang dikenal pada abad ke tiga Hijriyah. Dalam catatan Kiai Aqil Siroj di bukunya Allah dan Alam Semesta: Persepektif Tasawuf Falsafi mengatakan bahwa Dzun Nun adalah juga dikenal sebagai ahli kimia. Beliau tersohor tidak hanya seorang sufi tetapi juga ahli kimia. Bernama lengkap Abu al-Faidl Tsauban Dzun Nun bin Ibrahim al-Mishri (wafat 245 H/859 M) terlahir di  Ikhkim atau Akhmim, bagian timur Sungai Nil.

Berikut adalah nasehat Dzun Nun Al Misri tentang kerusakan yang merasuki diri manusia. Menurutnya ada  enam hal sebagaimana dikutip dalam majalah Cahaya Sufi edisi Agustus 2004 :

Pertama, memiliki niat yang lemah dalam melakukan amal untuk akherat.

Kedua, tubuh serasa diperbudak oleh nafsu

Ketiga, tidak henti-hentinya mengharapkan perolehan duniawi bahkan menjelang ajal.

Keempat, suka menyenangkan makhluk , mengalahkan ridha Sang Pencipta

Kelima, memperturutkan hawa nafsunya dan tidak menaruh perhatian yang cukup kepada sunah Nabi Muhammad saw.

Keenam, membela diri dengan menyebutkan beberpa keselahan orang lain, dan mengubur prestasi para pendahulunya.

Itulah nesehat Dzun Nun al Misri tentang kerusakan yang merasuki diri manusia. Tentu saja hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara pandang dalam memahami hawa nafsu. Hal ini menjadi penting mengingat hawa nafsu itu bisa menjerumuskan pelakunya ke neraka. Untuk itu penting sekali bahwa hawa nafsu itu dikendalikan.  Sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Rajab dalam Jami’ al-Ulum wa al-Hikam bahwa hawa nafsu atau kecondongan jiwa kepada keburukan saja yang harus dikendalikan. Jadi hati-hatilah dengan  hawa nafsu. Wallahu A’lam Bishowab.

2 thoughts on “Nasehat Dzun Nun al Misri tentang Kerusakan yang Merasuki Diri”

  1. Pingback: Tanda-tanda Ahli Makrifat Menurut Rabiah Adawiyah » Pitutur ID

  2. Pingback: Sepuluh Nasehat Imam Abu Hanifah » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain