Empat Jenis Siksaan Menurut Abu Hasan Asy Syadzili

hati

Siksaan adalah suatu yang harus dihindari. Ada beberapa macam siksaan diterima setiap manusia. Tidak hanya siksaan lahir tapi juga siksaan batin. Dalam ranah para sufi, siksaan itu dibagi beberapa macam. Salah satunya pendapat dari pendiri tarekat Syadziliyah asal Mesir ini. Menurut Syekh abu Hasan asy Syadzili ada empat jenis siksaan yang menimpa manusia.

Arti kata siksa adalah penderitaan atau kesengsaraan dan sebagainya. Siksaan ini adalah sebagai hukuman. Menurut para sufi siksa tidak hanya sebatas hukuman lahir atau azab tetapi juga berupa siksaan rohani. Menurut sufi masyhur yang lahir pada tahun 539 H ini ada beberapa jenis siksaan. Beliau membaginya menjadi empat jenis siksaan yang menimpa manusia:

Pertama, siksaan melalui azab. Siksaan jenis ini muncul melalui pelanggaran yang dilarang.

Kedua, siksaan melalui hijab. Siksaan kedua ini muncul bagi ahli yang taat yaitu melalui adanya etika atau ketaatan kepada Tuhan yang buruk.

Ketiga, siksaan melalui pengekangan yaitu siksaan yang muncul dari arah keteguhan yang berguncang. Tentu saja keteguhan ini dalam hal keteguhan ketaatan kepada Allah Taa’la.

Keempat, siksaan melalui kerusakan yaitu kerusakan rahasia batin. Kerusakan model ini muncul dari arah memburu ketergesaan dan kegelisahan yang kemudian kadang-kadang mempengaruhi seseorang hingga menutup rahasia batin.

Itulah beberapa jenis siksaan menurut Imam Abu Hasan asy Syadzili yang termuat dalam majalah Cahaya Sufi edisi Agustus 2005. Tentu saja kita berdoa agar terhindar dari keempat jenis siksaan tersebut.  Wallahu A’lam Bishowab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw