Memakai Sandal Menurut Islam

sandal

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw memberikan tata cara atau adab dalam memakai sandal, dari beberapa literatur para ulama memberikan pandangan memakai sandal menurut Islam  

Ada beberapa hadis yang menganjurkan untuk memakai sandal. Dalam buku berjudul Potret Busana Rasulullah karya Syekh Alwi bin Muhammad Balfaqih ditulis bahwa Rasulullah saw bersabda,” Hendaklah kalian memakai sandal karena seseorang itu masih berkendaraan selagi memakai sandal.”

Selanjutnya ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah saw bersabda,” Jika salah seorang diantara kalian memakai sandal, hendaknya ia memulainya dari kaki kanan dan melepaskannya dari kaki kiri, dan hendaknya ia memakai kedua-duanya atau melepaskan kedua-duanya.”

Disebutkan bahwa Rasulullah saw ternyata mempunyai sandal yang diberi nama ats tsasumah.  Sandal tersebut mempunyai dua tali. Abdullah bin Abbas berkata,” Rasulullah saw mempunyai sandal yang bertali dua.” Beliau meriwayatkan bahwa apabila Rasulullah saw memakai sandal, beliau memulainya dari kaki kanan dan melepaskannya dari kaki kiri.

Bahkan para ulama mengajarkan doa ketika memakai sandal.  Diantaranya membaca basmalah dan doa sebelum memakai sandal. Adapun doa memakai sandal sebagai berikut;

بسم الله اللهم صل على سيدنا محمج وعلى ال سيدنا محمد ووطئ قدمي في الدنيا والاخرة وثبتهما على الصراط يوم تزل الاقدام

Bismillaah. Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ali sayyidina muhammadin, wa waththi’ qodamayya fid dunya wal akhiroh wa tsabbithuma ‘alash shirothi yauma tazillul aqdam.

Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, limpahkan shalawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya. Semoga Engkau menginjakkan kedua kakiku di dunia dan akhirat, lalu menetapkan keduanya pada shirat di hari kaki-kaki manusia tergelincir di dalamnya.

Begitu juga ketika memakai sandal hendaklah membaca basmalah dan doa . Adapun doa melepas sandal adalah sebagai berikut :

بسم الله الحمد لله الذي رزقني ما اقي به قدمي من الاذى اللهم ثبتهما على صراطك ولا تزلهما عن صراطك السوي

Bismillaah. Alhamdulillahil ladzi rozaqoni ma aqi bihi qodami minal adza. Allohumma tsabbithuma ‘ala shirothika wa la tuzillahuma ‘an shirothikas sawiy.

Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah yang telah memberiku sesuatu yang dapat kupakai untuk menjaga kakiku dari kotoran. Ya Allah, tetapkanlah kedua kakiku pada shirath-Mu dan jangan Engkau gelincirkan dari shirath-Mu yang lurus.

Itulah cara memakai sandal menurut Islam. Semoga bermanfaat. (Dari berbagai sumber)

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

iblis

Dialog Sufi dan Iblis

Dikisahkan Junaid Al Bagdad, serang sufi yang masyhur ini ingin bertemu Iblis. Hingga suatu hari akhirnya berjumpalah dengan makhluk laknatullah ini. Ada dialog menarik ketika

kulit kentang

Sepuluh Manfaat Kulit Kentang

Kentang dikenal sebagai umbi-umbian yang kaya manfaat untuk tubuh. Selain menyehatkan , rasanya juga enak ketika direbus atau digoreng. Namun ternyata kulit kentang juga mempunyai