Tanda-tanda Ahli Makrifat Menurut Rabiah Adawiyah


Rabiah Adawiyah dikenal sebagai perempuan sufi yang kaya akan tutur hikmahnya. Tidak sedikit ulama yang masyhur di zamannya bertanya kepadanya tentang tasawuf. Hingga sekarang pendapat-pendapatnya tentang dunia sufi masih terus menjadi kajian. Salah satu pendapatnya adalah tentang tanda-tanda ahli makrifat.

Makrifat berasal dari kata `arafa, yu’rifu, irfan. Kata makrifat sendiri bisa dimaknai dengan mengetahui, mengenal, atau pengetahuan Ilahi. Adapun Orang yang mempunyai makrifat disebut arif. Sedangkan menurut terminologi, makrifat dapat diartikan dengan mengenal atau mengetahui berbagai ilmu secara rinci tentang Tuhan. Namun makrifat juga bisa diartikan sebagai pengetahuan atau pengalaman secara langsung atas Realitas Mutlak Tuhan.

Makrifat sering digunakan untuk menunjukan salah satu maqam (tingkatan) atau hal (kondisi psikologis) dalam perjalanan ruhani manusia. Dalam pendapat para sufi, makrifat diartikan sebagai pengetahuan mengenai Tuhan melalui hati sanubari. Makrifat kepada Allah SWT (ma’rifatullah) adalah tujuan utama dan sekaligus menjadi inti ajaran tasawuf.

Suatu hari Rabiah Adawiyah ditanya tentang kesempurnaan Sang Arif atau ahli makrifat.  Seseroang bertanya kepadanya, “Apa yang menjadi tanda dari Sang Arif?”. Lalu Rabiah menjawab,” Terbakarnya jiwa karena cintanya kepada Allah.” Kemudian Rabiah melanjutkan bahwa tanda-tanda ahli makrifat adalah:

  1. Ia yang lebih puas kepada Sang Pemberi dibanding pemberian-Nya
  2. Lebih puas pada Sang Pencipta dibanding ciptaan-Nya
  3. Tenggelam dalam lautan kebahagiaan dan kehangusan leburnya
  4. Hati tentram bersama-Nya disertai membiarkan pilihan-Nya.
  5. Tidak pernah terkejut dengan bencana dan cobaan yang dahsyat.
  6. Mengetahui bahwa Allah Ta’ala adalah yang paling dekat dibanding dengan lainnya.
  7. Allah lebih cinta padanya dibanding dengan siapapun
  8. Allah lebih mulia dan lebih agung dibanding dengan segalanya.
  9. Segalanya ditinggalkan selain Allah Ta’ala
  10. Sang arif tahu membedakan mana bisikan nafsu mana bisikan ruhani, mana hasrat duniawi dan mana hasrat ukhrawi, dan mana citra rasa keluhuran dan citra rasa kehinadinaan.

Itulah tanda-tanda ahli makrifat menurut Rabiah Adawiyah yang disadur dari Majalah Cahaya Sufiedisi Deesmber 2007. Semoga bisa menjadi sebuah renungan. Wallahu A’lam Bishawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

iblis

Dialog Sufi dan Iblis

Dikisahkan Junaid Al Bagdad, serang sufi yang masyhur ini ingin bertemu Iblis. Hingga suatu hari akhirnya berjumpalah dengan makhluk laknatullah ini. Ada dialog menarik ketika

kulit kentang

Sepuluh Manfaat Kulit Kentang

Kentang dikenal sebagai umbi-umbian yang kaya manfaat untuk tubuh. Selain menyehatkan , rasanya juga enak ketika direbus atau digoreng. Namun ternyata kulit kentang juga mempunyai