Nasehat-Nasehat dari Muadz Bin Jabal RA

muadz bin jabal

Muadz bin Jabal adalah salah satu sahabat Rasulullah saw yang diakui kecerdasannya. Banyak nasehat yang diberikan masih sangat relevan hingga kini.


Muadz bin Jabal selalu menyeru untuk selalu mencari ilmu dan berdzikir kepada Allah SWT. Berikut adalah beberapa nasehatnya. Dikisahkan pada suatu hari beliau berjumpa dengan seseorang. Kemudian orang tersebut berkata kepada Muadz,” Wahai Muadz ajarilah sesuatu kepada saya.”


Kemudian Muadz bertanya kepada orang tersebut,” Maukah engkau mematuhi bila saya ajarkan?”
“Saya akan mematuhimu dalam hal apapun,” jawab orang tersebut.


“Puasa dan berbukalah. Lakukan sholat dan tidurlah. Berusahalah mencari nafkah yang halal dan jangan berbuat dosa. Matilah dalam keadaan sebagai seorang mukmin sejati dan jauhilah doa orang yang ternaniaya,” jawab Muadz
Muadz juga mengatakan,” Pelajarilah semua ilmu yang kalian inginkan. Tetapi Allah SWT tidak akan memberikan manfaat dari ilmu sebelum mengamalkannya terlebih dahulu.”


Suatu saat Muadz bin Jabal bertemu dengan Rasulullah saw. “Bagaimana keadaanmu di pagi ini Muadz?” tanya Rasulullah. Muadz kemudian menjawab,” Saya bangun pagi ini sebagai seorang mukmin sejati.”
Rasulullah saw kemudian bertanya lagi,” Setiap kebenaran mempunyai perwujudan. Lalu apa perwujudan dari keimananmu?” Muadz menjawab,”Setiap dipagi hari saya menyadari tidak akan menemuinya lagi di sore hari. Dan setiap berada di waktu sore, saya menyadari tidak akan mencapai pagi hari. Tidak ada satu langkahpun yang kulangkahkan tanpa menyadari bahwa mungkin tidak ada lagi langkah berikutnya. Seolah-olah tampak olehku setiap orang berlutut dan dipanggil melihat catatannya. Seolah-olah tampak olehku penghuni surga menikmati kesenangan yang terdapat di dalamnya dan penghuni neraka dalam keadaan pedih.” Rasulullah saw kemudian bersabda,” Sekarang kamu telah mengetahuinya. Maka pegang teguhlah selama kamu hidup.”


Itulah Muadz bin jabal . Seorang sahabat Rasulullah saw yang mempunyai keistemewaan utamanya keahliannya dalam soal hukum. Ketinggian ilmunya ini menjadikan Muadz menerima pujian dari Rasulullah saw. Nabi saw pernah bersabda”Umatku yang paling tahu akan yang halal dan yang haram ialah Muadz bin Jabal.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain