Sepuluh Keutamaan Membaca Al Quran

membaca al quran

Dalam sebuah tulisannya, Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alwi al Maliki al Hasani mengatakan bahwa pintu terbesar kelapangan adalah membaca al Quran. Ia melapangkan dada, melenyapkan kegalauan, dan menyingkirkan kesedihan.

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh al Baihaqi, disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda,” Ibadah umatku yang paling utama adalah membaca al Quran.” Dalam hadis lain sebutkan bahwa Nabi saw bersabda,” Sesungguhnya al Quran ini adalah jamuan Allah, maka terimalah jamuannya semampu kalian. Sesungguhnya Al Quran ini tali Allah sekaligus cahaya yang tenang dan penawar yang bermanfaat, penjaga bagi yang memegangnya erat-erat, serta keselamatan bagi orang-orang yang mengikutinya. Ia tidak miring sehingga harus dimintai kerelaannya. Ia tidak bengkok sehingga perlu diluruskan. Keajaibannya tidak kunjung usai dan tidak banyak terbantahkan. Bacalah ia, karena Allah memerikan pahala ada setiap huruf sebanyak sepuluh perbuatan baik. Ingatlah sesungguhnya tidak mengatakan alif lam miim satu huruf, melainkan alif stu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”


Menurut Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alwi al Maliki al Hasani ada beberapa keutamaan orang yang sibuk membaca al Quran. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mereka menjadi oran istimewa di hadapan Allah SWT.
  2. Akan bersama malaikat
  3. Al Quran merupakan jamuan Allah SWT, barang siapa yang memasukkannya maka ia aman.
  4. Rumah yang dibacakan Al Quran di dalamnya akan dihadiri oleh para malaikat dan menjadi luas bagi penghuninya.
  5. Rumah yang dibacakan Al Quran akan tampak bersinar dihadapan penghuni langit.
  6. Membaca al Quran mengandung banyak kebaikan
  7. Membaca al Quran membaguskan diri bagi si pembaca
  8. Membaca Al Quran merupakan penghibur hati.
  9. Membaca al Quran berguna pembacanya dan orang tuanya.
  10. Al Quran memberikan syafaat bagi yang sering membacanya.
    Itulah beberapa keutamaan dan manfaat membaca al Quran yang disadur dari buku karya Dr. Sayyid Muhammad binAlwi al Maliki yang berjudul Abwabul Faraj : Kitab Doa, Wirid dan Amalan Pemecah Segala Masalah. Waallahu A’lam Bishowab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

Kisah Lampu Abu Yazid

Abu Yazid al Bustami adalah seorang sufi yang kisah-kisah hikmahnya sampai sekarang masih terus dibaca dan diperdengarkan. Tidak hanya kaya akan keteladanan, kisah-kisah Abu Yazid