Tips Mendidik Generasi Bermartabat dari Nyai Badriyah Fayumi

Badriyah Fayumi

PITUTUR ID. Pendidikan anak menjadi hal yang penting. menurut Nyai Badriyah Fayumi Al Quran telah memberikan contoh bagaimana mendidik anak dengan beberapa tokohnya seperti para Nabi Ibrahim as. dan Lukmanul Hakim.

Wakil Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK) PBNU mengatakan, Al-Qur’an telah menyiapkan model pola asuh bagi generasi bermartabat dalam beberapa ayat di dalamnya.

“(Dari) mereka ada pelajaran luar biasa terkait prinsip atau pokok pendidikan yang diberikan pada keluarga dan anak sehingga menjadi generasi bermartabat, shalih dan muslih,” kata Nyai Badriyah.

Salah satunya adalah pendidikan karakter yang diajarkan Luqmanul Hakim. Nyai Badriyah Fayumi menjelaskan bahwa pendidikan karakter Lukmanul Hakim dapat dipelajari menjadi beberapa hal yaitu :

“Ibu Nyai Hj. Badriyah Fayumi. Wakil Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK) PBNU mengatakan, Al-Qur’an telah menyiapkan model pola asuh bagi generasi bermartabat.”

Pertama, tidak menghamba kecuali kepada Allah swt, baik harta, kedudukan, lawan jenis dan lainnya. Hal ini tertuang dalam QS Luqman ayat 13-19.

Kedua, pentingnya menghormati orang tua, kerabat dan keluarga.

Ketiga, mengikuti jalan orang bertobat. Artinya, seseorang mau introspeksi diri, muhasabah. Keempat, membangun karakter yang selalu menghadirkan Allah swt.

Kelima, karakter yang harus dimiliki menurutnya amar ma’ruf nahi Munkar,

Keenam, punya kemampuan emosional dalam mengelola kesabaran. Allah memberi pahala pada orang sabar tidak ada batasnya.

Ketujuh, miliki kecerdasan sosial dalam berinteraksi. Misalnya senantiasa bersifat santun, menyenangkan, jangan memalingkan wajah dan sombong.

Kedelapan, sederhana dalam tingkah laku, hidup, berbicara dan berbagai hal lainnya.

Pengasuh Pesantren Mahasina Darul Qur’an wal Hadits Pondokgede, Kota Bekasi ini mengungapkan bahwa pendapat Luqman Al Hakim juga diperkuat oleh pendidikan Nabi Ibrahim. Sebagaimana tertuang Adam QS Ibrahim ayat 37-41. “Inilah di antara ajaran yang disampaikan Al-Qur’an tentang pendidikan anak yang dilakukan Ibrahim dan Luqman,” pungkas Nyai Badriyah.

Selain itu pilihlah lingkungan yang membuat anak menjadi dekat dengan Allah SWT. Dan yang paling penting adalah doa. “Mari kita jangan lupakan doa, Nabi Ibrahim juga sangat kuat dengan doanya,” ungkapnya.

1 thought on “Tips Mendidik Generasi Bermartabat dari Nyai Badriyah Fayumi”

  1. Pingback: Pentingnya Menjaga Lingkungan Menurut Quraish Shihab » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain