Nasehat Abdullah Ibnu Mas’ud untuk Hati yang Galau

Disebutkan suatu hari ada seseorang menemui Abdullah bin Mas’ud ra. untuk meminta nasehat obat bagi jiwanya yang sedang gelisah. “ Dalam beberapa hari ini aku merasa tidak tidak tentram, jiwaku gelisah dan pikiranku kusut. Makan tidak enak, tidurpun tak nyenyak.”

Kemudian Ibnu Mas’ud kemudian berkata,” Kalau penyakit itu menimpamu maka bawalah hatimu mengunjungi salah satu dari tiga tempat berikut ; Pertama, ke tempat orang yang membaca Al Quran sebab disana engkau dapat membaca al Quran atau mendengarkan baik-baik orang yang membacanya. Kedua, ke majlis ilmu yang mengingatkan hati kepada Allah SWT. Ketiga, carilah waktu dan tempat yang sunyi untuk menyendiri beribadah kepada Allah SWTmisalnya di tengah malam buta, disaat orang sedang tidur nyenyak. Bangun dan kerjakanlah solat malam.Berdoa dan memohon kepada Allah ketenangan jiwa, ketentaraman fikiran dan kejernihan hati. Seandainya jiwamu belum juga terobati dengan cara ini, mintalah kepada Allah agar Dia memberi hati yang lain. Sebab hati kau miliki saat ini bukan lagi hatimu,” jawab Ibnu Mas’ud.

(Disadur dari buku : Mana Dalilnya : Seputar Ziarah Kubur, Tawassul dan tahlil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang