Keutamaan Solat Duha

Solat duha adalah salah satu solat sunnah yang mempunyai banyak keutamaan. Solat ini dikerjakan pada pagi hari 07.00 hingga 11.00. Diriwayatkan beberapa hadis bahwa Rasulullah saw. menganjurkan solat duha kepada kaum muslimin.

Berikut adalah beberapa manfaat solat duha

  1. Pahala mengerjakannya sama dengan bersedekah. Hal ini seperti diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Abu Dzar. Bahwasanya Rasulullah saw telah bersabda : “Pada tiap pagi dianjurkan atas diri seseorang dari kamu untuk bersedekah. Maka tiap-tiap tasbih itu termasuk sedekah dan tiap-tiap tahmid itu sedekah. Pada tiap-tiap tahlil pun sedekah dan tiap-tiap menyuruh kepada kebaikan itu juga sedekah. Begitu pula mencegah kemungkaran itu sedekah. Namun diantara semua itu cukuplah sebagai pengganti adalah mengerjakan dua rakaat solat dhuha.”
  2. Mencukupkan rizki. Hal ini sebagaimana sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Dawud yang berbunyi: “Tuhanmu yang Maha Tinggi telah berseru : “Hai anak Adam! Solatlah empat rakaat bagi Aku di awal siang hari. Maka Aku akan cukup kan engkau di akhir siang itu.”
  3. Solat duha sebagai pelindung untuk menangkal siksa api neraka. Nabi SAW dalam hadis nya yang diriwayatkan oleh Al Baihaqi yang berbunyi: “Barangsiapa melakukan solat fajar, kemudian ia tetap duduk ditempat solatnya sambil berzikir hingga matahari terbit dan kemudian ia melaksanakan solat duha sebanyak dua rakaat, niscaya Allah SWT, akan mengharamkan api neraka untuk menyentuh atau membakar tubuhnya
  4. Akan mendapatkan balasan Allah SWT di surga. Rasulullah saw. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tabrani berbunyi Rasulullah saw. bersabda, “Di dalam surga terdapat pintu yang bernama bab ad-duha (pintu duha) dan pada hari kiamat nanti ada orang yang memanggil,” Dimana orang yang senantiasa mengerjakan sholat dhuha ? Ini pintu kamu, masuklah dengan kasih sayang Allah.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang