Keutamaan Sedekah Secara Rahasia

Cara bersedekah ada dua macam. Pertama sedekah secara terang-terangan dan kedua bersedekah secara rahasia. Namun ada sebuah keutamaan ketika Anda dalam bersedekah yaitu rahasiakanlah ketika Anda bersedekah.  Disebutkan bahwa sedekah secara rahasia pahalanya melebihi pahala sedekah terang-terangan yaitu  70 kali lipat.

Tentang sedekah rahasia ini, Allah Taa’la berfirman :

إِن تُبْدُوا۟ ٱلصَّدَقَٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ ۖ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا ٱلْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّـَٔاتِكُمْ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“ Jika kamu menampakkan sedekahmu maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu memberikan kepada orang-orang kafir, maka kamu menyembunyikan maka lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S al Baqarah : 271)   

Habib Abdullah al Hadad dalam kitabnya yang berjudul an Nashahih d Diniyah wa Washaya al Imaniyah mengutip sebuah hadis tentang keutamaan sedekah rahasia ini. Rasulullah saw bersabda: “Sedekah rahasia memadamkan kemurkaan Allah.” Habib al Abdullah kemudian menulis bahwa sebab diutamakannya sedekah rahasia karena sedekah model tersebut lebih dekat dengan keikhlasan. Dimana ikhlas adalah ruh segala amal dan akan jauh dari riya’. Habib Abdullah mewanti-wanti bahwa Anda harus mewaspadai sifat riya’ dalam sedekah ini karena ujungnya akan merusak amal.

Ditambahkan oleh Habib Abdullah, bahwa jangan sekali- kali meminta balasan sesuatu yang mendatangkan manfaat, hidmat atau penghormatan dari orang yang Anda beri sedekah. Karena ini akan hanya menjadi ganjaran sedekah saja. Kaum salafus soleh zaman dulu senantiasa membalas doa orang miskin yang diberi sedekah dengan doa pula. Mereka sangat hati-hati apabila pahala sedekah itu berkurang karena menuntut sesuatu dari sedekahnya. Tidak hanya itu janganlah Anda meminta pujian atau ucapan terima kasih dari orang yang Anda beri sedekah, karena itu akan mengurangi pahala. Bahkan bisa menghapuskan pahala sedekah.     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain