Nadzam 12 Amalan Bulan Muharram

Bulan Muharam adalah salah satu bulan yang ada keutamaannya. Pada bulan ini juga peristiwa-peristiwa besar lahir. Banyak momen ibadah yang sayang untuk dilewatkan mengingat pahala besar menanti ketika Anda mengejarkannya.

Diantar amalan-amalan utama yang hendaknya diperbanyak antara lain adalah memperbanyak salat sunat, berpuasa, menyambung silaturahim,  bersedekah,  mandi,  memakai celak mata, berziarah kepada ulama (baik yang hidup maupun yang meninggal), menjenguk orang sakit, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, mengusap kepala anak yatim, membaca Surat al-Ikhlas sebanyak 1000 kali.

Banyaknya amalan yang diutamakan, seorang ulama bernama Syekh Abdul Hamid membuat nadzam yang tertera dalam kitabnya Kanzun Naja was Surur Fi Ad’iyyati Tasyrahus Shudur

  فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ *

 بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ *

رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا *

 وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

 “Ada sepuluh amalan di dalam bulan ‘asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, shalatlah, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, dan mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surat al-Ikhlas 1000 kali.​​​​​​​Kedua amalan ini hendaknya diperbanyak selama bulan Muharram, mengingat keutamaannya yang terdapat di dalamnya.  (sumber : laman nu.or.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain