Dua Keutamaan Ketika Melanggenggkan Wudlu

Keutamaan melanggengkan wudlu diantaranya dalah doanya istijabah dan dijamin masuk surga

Wudhu merupakan ibadah wajib sebelum melakukan solat. Melanggengkan wudhu juga menjadi kesunahan yang memberi kita banyak sekali fadilah atau keutamaan. Salah satu sahabat yang menjadikan melanggengkan wudhu sebagai amaliahnya adalah Bilal bin Rabah. Rasulullah saw pernah menyebut bahwa suara gemercik sandal dari Bilal sampai ke surga. Ketika ditanya begini Bilal menjawab begini ,” Aku tidak azan sama sekali kecuali sekali kecuali kulakukan solat dua rakaat dan aku tidak terkena hadas kecuali aku berwudlu.”

Dalam buku Risalah Wudlu karya KHM Ihya’ Ulumuddin disebutkan bahwa keutamaan atau hikmah melanggengkan wudlu ada dua.

  1. Pertama doa mustajab artinya mudah dikabulkan oleh Allah Ta’ala. Hal tersebut sebagaimana hadis yang diriwayatkan Abu Dawud yang berbunyi : “ Seorang muslim pada waktu malam (tidur) menetapi zikir, dalam keadaan suci, lalu bangun malam dan memohon kebaikan dunia dan akhirat kepada-Nya, niscaya Allah SWT mengabulkannya.”
  2. Dijamin wafat khusnul khatimah. Hal ini sebagaimana sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Malaik, Hakim, Baihaqi dan Ibnu Majah yang berbunyi :” Beristikamahlah dan janganlah mengkalkulasi. Ketahuilah bahwa sebaik-baiknya amal kamu adalah solat. Dan tidak menerapi wudlu kecuali orang yang beriman.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain