Tiga Hal yang Menunjukkan Kemuliaan Menurut Imam Syafi’i

Kemuliaan adalah salah satu yang sangat adalah semua orang. Banyak sekali nasehat atau tips diberikan bagaimana manusia itu menjadi sosok yang mulia. Salah satunya datang dari Imam Syafi’i. Ulama fiqih masyhur ini memberikan gambaran bagaimana menjadi manusia mulia itu. 

Dalam kitab Manaqib Asy-Syafi’i Lil Baihaqi, Imam Syafi’i menjelaskan ada tiga hal yang menunjukkan kemuliaan seseorang.

Pertama, seseorang yang mampu menyembunyikan kemiskinannya, hingga dianggap mampu oleh orang di sekitarnya.  Hal ini adalah salah satu cara untuk menjaga kehormatannya dan tidak merepotkan orang lain.

Kedua, seseorang yang mampu menyembunyikan kemarahannya, hingga dianggap ridlo oleh orang sekitarnya.  Ia tidak menunjukkan rasa marah sedikitpun ketika berhadapan dengan sesuatu yang tidak disenanginya. Hal ini dilakukan untuk mencegah konflik dan sikap suudzon.

Ketiga, seseorang yang mampu menyembunyikan kesulitan dan kesusahannya, hingga dianggap penuh kenikmatan dan berkecukupan.

Ketiga hal tersebut menunjukkan bahwa kemuliaan diukur dari sikap seseorang bukan dari kekayaan, berbagai gelar maupun hal lainnya. Kemuliaan yang sesungguhnya bagaimana ketakwaan seseorang di hadapan Allah SWT.

Tiga hal yang menunjukkan kemuliaan seseorang yang diutarakan oleh Imam Syafi’i, menunjukkan bahwa kemuliaan seseorang bukan diukur dari seberapa banyak gelar akademis, seberapa banyak hartanya, dan lain sebagainya. Tetapi kemuliaan yang hakiki adalah kemuliaan atas ketakwaan seseorang kepada sang Maha Pencipta, yaitu Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain