Nasehat Syeikh Abdul Qodir Jilani tentang Menghargai Orang Lain

Menghargai orang lain adalah bentuk dari akhlak kita kepada sesama manusia. Penghargaan itu tidak memandang usia, jabatan, kekayaan ataupun keilmuan bahkan kepada orang kafir. Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani ini dikutip oleh Syekh M Nawawi Banten dalam Kitab Nashaihul Ibad  mengingatkan bagaimana kita menghargai orang yang mulia, anak kecil, orang dewasa, ulama atau orang alim, orang awam, dan bahkan orang kafir.

1. “Jika bertemu dengan orang mulia, kamu harus berprasangka terhadapnya, ‘Bisa jadi orang ini lebih baik dan lebih tinggi derajatnya di sisi Allah daripadaku,’” pesan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

2. “Bila bertemu dengan anak kecil, kamu seyogianya berpikir, ‘Anak ini belum bermaksiat kepada Allah. Sedangkan aku telah bermaksiat. Tentu dia lebih baik dariku,’” kata Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

3. “Jika bertemu dengan orang dewasa, kamu sepatutnya berprasangka, ‘Orang ini telah beribadah menyembah Allah sebelumku,’” pesan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

4. “Jika bersua ulama atau orang alim, kamu mesti berprasangka, ‘Orang ini dianugerahkan ilmu yang tidak dapat kugapai, meraih derajat tinggi yang tidak kuraih, mengetahui materi ilmu yang tidak kuketahui, dan mengamalkan ilmunya,’” pesan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

 5. “Bila bertemu orang awam atau bodoh, kamu harus berpikiran, ‘Orang ini bermaksiat kepada Allah karena ketidaktahuannya. Sedangkan aku bermaksiat kepada-Nya secara sadar di tengah ilmuku. Aku sendiri tidak pernah tahu bagaimana akhir hidupku dan akhir hidupnya, apakah husnul khatimah atau su’ul khatimah,’” kata Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

6. “Bila berjumpa dengan orang kafir, kamu harus berprasangka, ‘Bisa jadi orang kafir ini suatu saat memeluk Islam dan mengakhiri hidupnya dengan amal yang baik/khusnul khotimah. Sedangkan aku bisa jadi malah menjadi kafir suatu saat dan mengakhiri hidup dengan amal yang buruk/su’ul khatimah,’” kata Syekh Abdul Qadir Al-Jailani. (dinukil dari laman nu.or.id)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain