Habib Hasan, Sepeda dan Kesederhanaan

Innalillahi wa Inna Ilaihi Roji’un. Satu lagi ulama Indonesia wafat. Adalah Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf Pasuruan tutup usia pada Minggu (27/13/2020) selepas subuh.

Habib Hasan adalah ulama yang dikenal bersahaja dan dicintai banyak kalangan ini kemudian dimakamkan di lingkungan Masjid Agung Al-Anwar, Pasuruan, Jawa Timur.

Dalam pemakaman tampak ribuan pelayat datang dari berbagai daerah datang untuk menghadiri pemakamannya. Mereka memberikan penghormatan terakhir kepada ulama karismatik dan wira’i ini.  

Habib Hasan dikenal juga karena kesederhanaannya. Kesederhanaan itu terlihat ketika beliau tidak canggung naik sepeda untuk menemui koleganya atau para santrinya.

Dikisahkan oleh Adam Ibn Ridlwan salah seorang santri Habib Hasan  dalam laman facebook- nya :  “Ketika beliau menuntun sepeda pancalnya menyusuri ruas jalan di Kota Pasuruan. Bersepeda adalah kendaraan favorit beliau untuk bepergian. Hal yang sama yang tiga puluh tahun lalu, datang dan parkir di teras rumah kami. Bukan hanya sekali. Tapi beberapa kali Habib Hasan bin Hud ke rumah mengendarai sepeda pancal tersebut. Untuk menemui ayah kami, yang kebetulan membuka jasa servis elektronik di rumah Habib Hasan bin Hud lebih nyaman mengayuh sepeda pancalnya untuk beraktifitas. Yang saya yakin, putra-putra beliau mampu untuk mengantarkan atau memfasilitasi beliau dengan kendaraan modern.”.

Bernama lengkap Al Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf, atau yang akrab disapa Habib Hasan bin Hud, dikenal sebagai salah satu ulama masyhur dari Pasuruan.

Sebagian para habib ada yang memanggilnya dengan Ami Hasan. Beliau adalah dari Habib Abu Bakar bin Hasan Assegaf, salah satu ulama berpengaruh di Indonesia.

Kesederhanaan Habib Hasan bin Hud adalah teladan bagi umatnya. Disebutkan bahwa setiap datang bulan Ramadan, beliau tidak pernah absen untuk hadir di majelis Khatmil Qur’an yang diasuh oleh menantunya Habib Taufiq Assegaf.  

Habib Hasan selalu yang membaca tahlil dan fatihah dengan  sangat lengkap urutan nasabnya mulai dari para habaib hingga ulama yang ada di negeri ini.

Habib Hasan bin Hud adalah sosok yang sederhana, tawaduk, berbudi pekerti luhur seperti para salafus shalih yang disebutkan dalam kitab-kitab kuning.

Selamat jalan Habib Hasan, al fatihah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain