Tiga Bayi Kaum Bani Israel yang Ajaib

Ada kisah tentang tiga bayi ajaib dalam dalam khasanah Islam. Hal itu diceritakan oleh Rasulullah saw.sendiri dalamsebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang termaktub dalam kitab Ahdisul Anbiya. Tentu menjadi menarik karena keajaiban bayi-bayi itu dilatarbelakangi kisah yang yang berbeda-beda.

Cerita pertama tentang Nabi Isa as. yang bisa berbicara ketika masih bayi.Kisah ini diabadikan dalamAlQuran surat Maryam ayat 16 hingga 36. Kisah ini dimulaiketika Malaikat Jibril memberitahu kepada Maryam bahwa akan mengandung anak laki-laki. Betapa kagetnya Maryamdiberitahu hal tersebut. Bagaimana bisa mengandung, Maryam tidak pernah  disentuh oleh lak-laki.

Atas kehendak Allah SWT Maryampun mengandnung. Untukmenghindari fitnah, Maryam kemudian mengasingkan diri. Bayipun kemudian lahir dan diberi nama Isa yang kelak menjadi Nabi dan Rasul. Setelah itu Maryam kembali ke  kampung dengan membawa bayinya. Seperti diperkirakan oleh Maryam,masyarakat kemudian mendapatkan cemooh dan cibiran.

 “Wahai Maryam, Sungguh engkau telah membawa sesuatu yang sangat mungkar.”

“Wahai saudara perempuan Harun, Ayahmu bukanlah seorang yang buruk perangainya, dan ibumu bukan pula perempuan pezina.”

Maryam yang tak kuasa menahan cemooh dan cibiran tersebut. Maryam balik menantang mereka agar mananyakan langsung kepada anaknya yang masih bayi. “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam gendongan?,”jawab mereka.

Namun atas izin Allah SWT, Nabi Isa as yang masih bayi tiba-tiba bicara. “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan Aku seorang Nabi. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi dimana saja aku berada. Dan Dia memerintahkan kepadaku  (melaksanakan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup. Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.”

Jawaban tersebut membungkam semua yang mempertanyakan kesucian Maryam. Demikianlah kalau allah berkehendak. Nabi Isa as yang masih bayi mengatakan kepada para penduduk yang meragukannya “Dan Sesungguhnya Allah itu Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahlah Dia. Ini adalah jalan yang lurus.”

Kisah kedua datang dari bani Israel. Disebutkan seorang laki-laki alim dan soleh bernama Juraij sedang melakukan solat di tempat peribadatan. Saat sedang beribadah ibunya memanggil. Kala itu Juraij mendengar panggila ibunya, namun hatinya ragu.  Apakah ia meneruskan sembahayang atau menenuhi panggilan ibunya. Namun Juraij memilih meneruskan ibadahnya.

Hal berbeda justru dialami ibunya. Sang Ibu merasa geram dan kemudian berdoa kepada Allah  “Ya Allah, Jangan Engkau matikan Juraij sampai Engkau memperlihatkan ia wanita-wanita pezina.” Ternyata doa tersebut dikabulkan Allah. Selang beberapa lama Juraij ditemui oleh perempuan yang menggodanya untuk melakukan zina. Namun Juraij berhasil lolos dari rayuan tersebut. Wanita itu kecewa dan kemudian berzinda dengan penggemala kambing hingga hamis. 

Setelah melahirkan, perempuan itu mengaku bahwa bayi laki-laki itu adalah hasilhubungan gelapnya dengan Juraij. Penduduk Bani Israel gempardan mempertanyakan kesolehan Juraij.Mereka mencaci maki dan mencemooh Juraij. Namun Juraij tetap tenang dan kemudian ia berdoa. Setelah itu Juraij mendatangi si bayi yang diakui sebagai hasilperzinaan dengannya,

Sontak kaum Bani Israil pun kalap, karena laki-laki yang selama ini mereka anggap sebagai seorang yang alim dan sholeh hanyalah sekedar topeng belaka, tetapi kelakukannya bejat. Mereka pun berbondong-bondong menyerbu tempat peribadatan Juraij untuk mereka hancurkan. Mereka tak henti-hentinya mencela dan menghakimi Juraij. Juraijpun bertanya kepada bayi tersebut, “Siapa bapakmu?”

Dengan izin Allah Swt. bayi laki-laki itu menjawab. “Sang Penggembala.” Mendengar jawaban bayiitu ,penduduk Bani Israil kaget dan malu karena menuduh Juraij tanpa fakta yang benar. Tempat ibdah Juraij kemudian dibangun kembali. “Kami akan membangunkan kembali tempat ibadahmudari emaswahai Juraij,”kata  penduduk dengan menyesal.

Mendengar hal itu Juraij berkata, “Tidak perlu, cukup kalian bangunkan dari tanah saja.” sadar apa yang menimpa dirinya adalah sebuah kesalahan mengabaikan panggilan ibunya ketika melaksanakan ibadah sunah, sedangkan berbakti kepada ibu adalah wajib.

Cerita tentang keajaiban bayi datang dari Bani Israel. Dikisahkan ada seorang bayi yang sedang digendong ibunyasambil menyusui. Tiba-tiba lewatseorang laki-laki gagah, tampan dan berpenampilan mewah lengkap dengan kuda tunggagannya yang tinggi besar. Melihat hal tersebut ibunya kagum dan takjub. Ia kemudian berdoa. “Ya Allah, jadikanlah anak laki-lakiku ini sepertinya.”

Atas izin Allah SWT, bayi yang masih menyusi itu kemudian melepaskan susuannya dan menoleh kearah penunggang kuda yang tampan itu sambil berkata “Ya Allah, jangan Engkau jadikan aku sepertinya.” Setelah selesai menjawab bayi itu kembali menyusu. Selang beberapa lama datanglah seorang hamba sahaya lusuh dandekil.  Kali ini ibunya langsung melontarkan doa,” “Ya Allah, jangan Engkau jadikan anak laki-lakiku seperti budak perempuan ini.” Mendengar doa ibunya, bayi laki-laki itu langsung melepaskan susuannya dan berdoa “Ya Allah jadikanlah aku seperti dia.”

Mendengar doa anaknya itu ibunya kaget dan kemduian bertanya kepada anaknyya yang masih bayi itu. “Kenapa kau doa demikian wahai anakku.”? Anaknya  kemudian menjawab “Laki-laki penunggang kuda yang tampan dan gagah tadi adalah sosok figur yang sombong, sedangkan budak perempuan ini telah difitnah oleh kaum Bani Israil bahwa ia telah mencuri dan berzina, padahal ia tidak pernah melakukan perbuatan keji tersebut. Kisah bayi ajaib yang ketiga ini mengajarkan kita bahwa jangan pernah melihat seseorang dari luarnya saja, tetapi lihatlah akhlak dan budi pekertinya. Karena itulah yang dinilai oleh Allah azza wa jalla.”

Demikianlah atas izin dan kuasa Allah SWT. Bayi yang masih dalam susuan mampu berbicaradengan lantang danfasih. Semogakisah ini memberikan ispirasi atas keagungan dan kekuasaan Alllah sWT.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang