Langkah Saudi Cegah Covid bagi Jamaah Umroh

Jamaah Umroh dari luar Arab Saudi mulai berdatangan pada hari Minggu (1/11/2020). Kedatangan mereka menjadi yang pertama kali semenjak ditangguhkan beberapa bulan lalu. Ini merupakan fase ketiga dimana 60.000 jemaah dari dalam dan luar negeri diizinkan memasuki dua masjid

Tindakan pencegahan telah dilakukan untuk memastikan keamanan semua pengunjung, tulis laman Al Arabiya. Disebutkan bahwa halaman masjid dibersihkan berulang kali sepanjang hari menggunakan lebih dari 2.500 liter sterilisasi ramah lingkungan. Lebih dari 300 pembersih juga telah ditempatkan di sekitar Dua Masjid Suci, katanya.

Tim medis juga ditempatkan di beberapa area di sekitar halaman. Terdapat pula ruang isolasi dan pemeriksaan medis telah ditetapkan untuk kasus dugaan kasus virus corona.

Usia jamaah asing harus antara 18 hingga 50 tahun dan mereka harus dikarantina di tempat tinggal mereka di Mekah selama tiga hari setelah mereka tiba di Arab Saudi, menurut Kementerian Haji dan Umrah. Para peziarah diwajibkan menunjukkan tes PCR negatif, yang dikeluarkan oleh laboratorium terpercaya di negara mereka dalam waktu 72 jam setelah penerbangan mereka ke Kerajaan

Disebutkan bahwa Arab Saudi berencana untuk secara bertahap mengurangi pembatasan dalam beberapa bulan mendatang jika Kementerian Haji dan Umrah dan Kementerian Kesehatan memutuskan bahwa hal itu aman untuk dilakukan.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan, pihaknya membuat skenario sebagai persiapan dibukanya kembali umrah oleh pemerintah Arab Saudi. Pembahasan nasib jamaah yang tertunda keberangkatannya saat pembatasan diberlakukan Kerajaan Saudi pada Februari lalu jadi prioritas.

“Kami sedang siapkan beberapa skenario,” kata Direktur Bina Haji Umrah Ditjen PHU Kemenag, Arfi Hatim seperti dilansir laman Republika . Selain menyiapkan skenario di internal, Ditjen PHU juga akan menggelar koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

Menurut Arfi, tujuan utama membahas keberangkatan umrah yang tertunda karena Covid-19 yang jumlahnya ribuan jamaah. “Termasuk koordinasi dengan beberapa kementerian dan lembaga terkait lain,” ujar Arfi.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw