Arkeolog Temukan Pekuburan Islam Kuno di Spanyol Utara

Penemuan 400 kerangka tak sengaja dilakukan para pekerja konstruksi di Zaragosta, Spanyol. Ratusan kerangka ini diyakini oleh para arkeolog sebagai bagian dari pekuburan Muslim pada abad ke 8 M.  Menurut para arkeolog temuan ini bisa membantu mereka lebih memahami penaklukan Muslim di Semenanjung Iberia.

Laman euronews melaporkan bahwa adanya beberapa ratus jenazah yang terkubur di timur laut Spanyol itu menunjukkan komunitas Muslim yang mapan pernah tinggal di daerah tersebut. Kuburan tersebut diyakini sebagai salah satu nekropoleis Muslim tertua dan terawetkan yang ditemukan di Spanyol. Disebutkan bahwa setelah tes DNA selesai, para peneliti berharap itu akan memberikan petunjuk tentang konversi wilayah itu ke Islam.

Para pekerja menemukan sisa-sisa manusia saat melebarkan jalan di Tauste, sebuah kota kecil di provinsi Zaragoza. Arkeolog kemudian menemukan 400 makam yang berisi lebih dari 4.500 mayat yang berasal dari abad ke-8. Para arkeolog menyebut bahwa kuburan itu adalah kuburan Muslim karena kerangka-kerangka itu menghadap ke Mekah. Hal ini sejalan dengan tradisi Islam.

Atas penemuan diharapkan akan ada pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah negara itu setelah penaklukan Muslim di semenanjung Iberia pada awal 700-an. Setelah menjalani analisis DNA, jenazah akan dipindahkan ke museum.

“ Kami telah menemukan salah satu pemakaman Muslim tertua dan terawat di Peninsula Iberia Meskipun ini adalah daerah perbatasan yang tidak menentu, pekerjaan kami menunjukkan bahwa pekuburan ini milik komunitas Muslim yang stabil yang berlangsung selama lebih dari empat abad,” kata Rafael Laborda, salah satu arkeolog proyek tersebut, dikutip oleh Times.

Paleoymas SL, perusahaan yang melakukan penggalian, mengatakan bahwa semua jenazah akan dipindahkan dalam waktu satu bulan. Namun ada 10 persen dari sisa-sisa akan dipelajari untuk tujuan akademis sementara sisanya akan disimpan di ruang bawah tanah yang dibangun khusus, kata juru bicara perusahaan menambahkan.

Disebutkan bahwa Peninsula Iberia diserang oleh Dinasti Umayyah pada 711 dan ditaklukkan dalam waktu tujuh tahun. Penaklukan yang mengikuti akuisisi Afrika Utara, menandai ekspansi paling barat dari dinasti Umayyah ke Eropa. Kekuasaan Islam mulai menurun pada abad ke-10 seiring dengan penaklukan Katolik tahun 1492 di Granada. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang