Empat Pendapat tentang Imam Mahdi

Ada empat pendapat tentang Imam Mahdi, seorang yang akan memimpin di akhir zaman .

Imam Mahdi diyakini akan muncul pada akhir zaman sebagai jurus selamat. Kemunculannya dikaitkan dengan paham akidah mahdawiyyah. Istilah ini adalah keyakinan bahwa di akhir zaman akan muncul seorang juru selamat yang akan menyelamatkan manusia dari ketidakadilan, kesengsaraan, dan kekejaman. Kemunculannya juga akan membawa manusia pada pada kemakmuran dan kedamaian.

Dalam Islam, keyakinan akan datangnya Imam Mahdi sangat kuat di kalangan ahli sunnah wal jamaah dan Syiah. Hal ini didasarkan kepada hadis-hadis Rasulullah saw. tentang kedatangan Imam Mahdi di akhir zaman.  Salam satunya riwayat dari Abu Dawud,” Dunia akan dipimpin oleh seorang dari keluargaku. Namanya sama dengan namaku. Seandainya dunia ini hanya tinggal sehari saja, maka Allah akan panjangkan hari itu sehingga ia memimpinnya.” Masih banyak hadis lainnya perihal Imam Mahdi ini seperti diriwayatfkan oleh Imam At Turmudzi.

Tentang hadis-hadis mengenai Imam Mahdi ini sebagian ulama sependapat hadisnya mutawatir ( hadis yang diriwayatkan oleh banyak pihak dan dipastikan hadis tersebut berasalah dari Rasulullah saw.)

Namun tentang figur Imam Mahdi terdapat empat pendapat yang berbeda :

  1. Pendapat bahwa Imam Mahdi berasal dari keturunan Fatimah az Zahra, putri Rasulullah saw. Imam Mahdi ini akan datang pada akhir zaman. Pendapat ini dianut oleh jumhur ulama atau mayoritas ulama ahli sunnah wal jamaah. Pendapat pertama ini juga mengatakan bahwa ayah Imam Mahdi namanya sama dengan ayah Nabi Muhammad saw. yaitu Abdullah.
  2. Pendapat kedua mengatakan bahwa Imam Mahdi adalah figur penyelamat kehidupan manusia. Maka dari itu sosoknya tidak harus keturunan dari Fatimah az Zahra saja.  Yang jelas ia adalah seorang muslim. Hal ini memungkinkan siapa saja berhak mengaku imam Mahdi. Bahkan dalam sejarah hingga sekarang sudah puluhan orang yang mengaku sebagai Imam Mahdi.
  3. Pendapat ketiga menyatakan bahwa Imam Mahdi bukan figur seseorang, tetapi lambang atau simbol kemenangan yang haq terhadap yang batil. Simbol kemenangan keadilan terhadap ketidakadilan. Pendapat terakhir ini banyak dianut oleh para pemikir modern.
  4. Terakhir berpendapat bahwa Imam Mahdi adalah figur yang jelas dan berasal dari keturunan Fatimah az Zahra atau ahlulbait dan merupakan  salah seorang dari imam-imam ahlulbait.

Pendapat pertama hingga ketiga adalah pendapat yang dianut oleh kalangan ahlu sunnah wal jamaah. Sedangkan pendapat keempat diyakini oleh golongan Syiah. Wallahu A’lam bi Showab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang