Mengenal Hari Hijab Sedunia

world hijab day

Hari ini 1 Pebruari dikenal dengan Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day. Pencetusnya adalah bernama Nazma Khan. Pertama kalinya World Hijab Ray dilakukan pada tahun 2013 lalu.


Disebutkan bahwa World Hijab Day bertujuan untuk mendorong wanita dari semua agama dan latar belakang untuk memakai dan mengalami jilbab. Padwa awalnya idenya hanya ingin berbagi kesempatan bagi wanita non-Muslim untuk merasakan sensasi memakai jilbab.

Memang di Eropa maupun Amerika jilbab sering dipandang tak pada tempanya. Jilbab menjadi salah satu pemicu terjadinya serangan dan kekerasan karena munculnya Islamofobia Dari ide sederhana itu, gerakan tersebut mulai mendapat simpati dan apresiasi.

Penggagasanya, Nazma, memiliki pengalaman tersebut kemudian memunculkan gagasan bagaimana masyarakat dilingkungannya tahu soal jilbab. “Saya besar dan tumbuh di Bronx, New York. Saya mengalami banyak diskriminasi karena jilbab yang saya kenakan . Itu panggilan mengerikan. Saya pikir, satu-satunya cara untuk mengakhiri diskriminasi adalah meminta kalangan perempuan non-Muslim untuk mengenakan jilbab,” ucapnya.,” katanya.


Memang World Hijab Day atau Hari Hijab Sedunia ini dirancang untuk meredakan kontroversi itu. Bahkan mendorong perempuan non Muslim (atau perempuan Muslim yang tidak menggunakannya) untuk menggunakan dan mengalami seperti apa menggunakan jilbab itu sebagai bagian dari upaya untuk saling memahami.

Ternyata idenya mendapatkan dukungan dan respon yang luar biasa. Nazma kemudian dihubungi oleh puluhan orang dari berbagai negara diantaranya Inggris, Australia, India, Pakistan, Prancis dan Jerman setelah menyebarkannya di jejaring sosial.


Namun ada beberapa aktivis muslim yang mempertanyakan event ini. Diantaranya aktivis feminis dan reformis Muslim Asra Nomani .Ia mengatakan bahwa mengatakan gerakan ini menyebarkan ideologi Islam Politik. Sedangkan yang lainnya menyebutnya sebagai cara muslim konservatif untuk mendominasi masyarakat modern.


Hari ini tepat 1 Januari 2021, perayaan World Hijab Day dirayakan di seluruh dunia. Bahkan seperti mendapat kado, pemerintah Filipina menyetujui bahwa tanggal 1 Februari sebagai hari hijab nasionalnya. Saat ini jilbab tidak hanya sebatas memenuhi syariat saja, tetapi sudah menjadi bagian dari dunia fashion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang