Bola Lampu Pertama di Masjid Nabawi berusia Seabad lebih

bola lampu

Bola lampu pertama Masjid Nabawi ditemukan. Bola lampu itu diperkirakan telah berusia seabad lebih dan dipasang pada tahun 1325 H. Bohlam ini dipercaya bohlam pertama yang masuk ke Semenanjung Arab.

Hal tersebut diketahui setelah media sosial membagikan foto bohlam tersebut, Dalam foto itu tertera tanggal pemasangan bohlam ini. Bola lampu ini diyakini sebagai bohlam pertama yang digunakan di Masjid Nabawi.


Dikutip dari laman arabnews.com sebelum adanya bola lampu, masjid Nabawi diterangi lampu minyak. Perluasan masjid era penguasa Ottoman Sultan, Abdul Majid berlangsung antara 1265 dan 1277 H saat penggunaan listrik, maka bola lampu mulai dipasang. Sultan Abdul Majid memperkenalkan listrik ke masjid setelah dia memasang lampu ini untuk pertama kalinya pada tanggal 25 Syaban 1326 H.

Kemudian pada saat Raja Abdul Aziz melakukan pekerjaan perluasan selama 1370H dan 1375H terjadi pemasangan lampu besar-besaran. Adanya pembangkit listrik menjadikan masjid Nabawi diterangi 2.427 bohlam dan lampu.


Menurut Mohammad Al-Sayyid Al-Wakeel dalam bukunya Masjid Suci Madinah mengatakan bahwa pada awalnya Masjid Nabawi diterangi oleh pelepah kurma. Setelah itu diganti dengan lampu minyak saat Tameen Al Dari tiba dari Palestina sekitar 9 H. Penerangan itu diganti dengan lampu minyak pada tahun 9 H, berdasarkan keterangan Abu Nuaim diriwayatkan dari Abu Hurairah.

Tak salah kalau sebagian sejarawan menyebut Tameen Al Dari dikenal sebagai orang pertama yang menyalakan lampu di Masjid Nabawi. Namun ada fakta lain yang mengatakan bahwa lampu pertama dinyalakan oleh Umar bin Khattab ketika orang berkumpul di sana untuk sholat tarawih.
Berulangkali masjid Nabi direnovasi dan diperluas. Renovasi yang pertama dilakukan oleh Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 17 H. Setelah itu pada zaman Khalifah Utsman bin Affan pada tahun 29 H.


Di zaman modern, Raja Abdul Aziz dari Kerajaan Saudi Arabia memperluas masjid ini menjadi 6.024 m² pada tahun 1372 H. Kemudian diteruskan oleh Raja Fahd pada tahun 1414 H yang menjadikan Masjid Nabawi luasnya hampir mencapai 100.000 m persegi. Apalagi di tambah dengan lantai atas yang mencapai luas 67.000 persegi dan pelataran masjid yang dapat digunakan untuk salat seluas 135.000 persegi. Saat ini Masjid Nabawi bisa menampung 535.000 jemaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang