Makna dan Peristiwa di Bulan Rajab

bulan rajab

Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang istimewa dalam Islam. Ada salah satu hal yang penting di bulan ke tujuh dalam kalender hijriyah ini. Peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW terjadi di bulan yang mulia ini. Selain itu banyak lagi peristiwa di bulan Rajab ini

Bulan Rajab tahun ini jauh pada 13 Februari lalu. Bulan ini termasuk bulan mulia diantara tiga bulan lainnya yaitu, Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

السنة اثنا عشر شهراً، منها أربعةٌ حرمٌ: ثلاثٌ متوالياتٌ ذو القعدة، وذو الحجة والمحرم، ورجب مضر الذي بين جمادى وشعبان

Artinya: “Setahun ada 12 bulan, di antaranya terdapat 4 bulan haram: tiga yang awal adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharam. Sedangkan Rajab yang penuh kemuliaan antara dua Jumadil dan Sya’ban.”(H.R. Bukhari).


Banyak ibadah yang disunahkan ketika kita memasuki bulan keempat bulan ini. Disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah menyampaikan bahwa bulan Rajab adalah bulannya Allah SWT. Sedangkan bulan Sya’ban adalah bulannya Rasulullah dan bulan Ramadan merupakan bulannya umat Muhammad.


Sebagian ulama menyebut bahwa bulan Rajab adalah bulan menanam, bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman, dan bulan Ramadhan adalah bulan memetik atau memanen.


Kata “Rajab” diambil dari bahasa Arab yang artinya memuliakan atau mengagungkan. Disebutkan bahwa orang Jahiliyyah sangat mengagungkan bulan Rajab dengan tidak membolehkan perang pada bulan tersebut.

Menurut Ibn Rajab al-Hambali dalam buku Lathaiful Maarif : Keistimewaan dan Amalan bulan Rajab menyebutkan bahwa bulan Rajab memiliki sekitar 14 nama dan sebagian lagi menyebut hingga 17 nama. Di antaranya adalah Rajab, Rajab Mudhar, Munshil Asnah, al-Ashamm, al-Ashabb, Munfis, Muthahhir, Ma’la, Muqim, Haram, Muqasyqisy, Mubri’ dan Fard. Ada juga yang menyebutnya sebagai Syahrullah atau bulan Allah.

Ada beberapa peritiwa penting di bulan Rajab diantaranya adalah peristiwa Isra’ Mi’raj, perang Tabuk hingga perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka’bah di Makkah. Untuk memuliakan bulan mula ini marilah kita berdoa bulan Rajab :


اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ


Allahumma barik lana fî rajaba wasya‘bana waballighna ramadlana

Artinya :
“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

nyadran

Tradisi Menyambut Ramadhan

Di Indonesia menjelang Ramadhan mempunyai banyak tradisi. Sebagai penduduk Islam yang banyak, bulan suci ini sangatlah di tunggu-tunggu. Tradisi menyambut Ramadhan bahan menjadi acara tahunan