Apa itu Mazhab ?

Dalam ceramah agama terutama saat ada fatwa sering terdengar istilah mazhab. Salah satunya Mazhab Syafi’i atau Mazhab Maliki misalnya. Sebenarnya apa itu mazhab? Dan mengapa munculnya dalam sejarah Islam ?

Mazhab diambil dari bahasa Arab yang secara harfiah bisa diartikan dengan pergi. Namun secara istilah mazhab bisa diartikan dengan pendapat, kelompok, aliran atau yang bermula dari pemikiran atau ijtihad seorang imam dalam memahami sesuatu baik itu filsafat, fikih, hukum, teologi, politik dan lain sebagainya.

Dalam Ensiklopedia Islam disebutkan bahwa pemikiran tersebut diikuti kelompok atau pengikutnya yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah aliran, sekte atau ajaran tersendiri. Dalam sejarah Islam, mazhab-mazhab terhitung banyak. Namun pada dasarnya munculnya bermacam mazhab itu didasari oleh perbedaan dalam memahami ajaran Al Quran dan Sunah yang tidak bersifat absolut. Khususnya perbedaan pendapat mengenai ayat-ayat yang dzanni ad dhalalah Atau ayat-ayat yang pengertiannya masih dapat ditafsirkan.

Maka apa itu mazhab? Untuk itu dapat disimpulkan bahwa mazhab pada hakikatnya adalah suatu aliran pemahaman tertentu terhadap Al Quran dan Sunah dan sifatnya tidak mengikat. Dalam Islam sendiri mazhab kemudian muncul dalam berbagai sisinya seperti tasawuf, teologi, politik, muamalah hingga filsafat.

Dalam buku Tarikh Al Mazahib al Islamiyah karya Abu Zahrah, seorang ahli fikih dan ilmu kalam menyebutkan ada beberapa sebab yang memunculkan mazhab, yaitu, adanya perbedaan pemikiran, ketidakjelasan masalah yang menjadi tema pembicaraan, perbedaan kesenangan dan kecenderungan, perbedaan cara pandang, karena adanya taklid pendahulunya, perbedaan kemampuan, masalah kepemimpinan dan cinta penguasa, dan fanatisme kelompok yang berlebihan.

Sedangkan menurut Syeikh M.Said Ramadlan al-Buthi pengertian mazhab menurut istilah ialah jalan pikiran paham pendapat yang ditempuh oleh seorang imam mujtahid di dalam menetapkan suatu hukum Islam dari al-Qur`an dan al-Hadits. Dalam ilmu fikih ada madzhab Maliki, madzhab SYafii, madzhab hanafi dan Madzhab Hanbali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw