Rute Ziarah Haji dari Abad ke Abad

Sebelum adanya transportasi canggih seperti sekarang ini, perjalanan haji ditempuh hanya melalui jalan darat. Ada beberapa rute ziarah haji yang hingga saat ini masih ada jejaknya. Dengan waktu tempuh berbulan-bulan para jemaah haji melakukan berbagai cara untuk tiba di kota masjid suci.

Jika dilihat dari sejarahnya, ada beberapa rute yang populer bagi para ziarah haji. Pertama adalah rute ziarah haji Kufah-Makkah, juga dikenal sebagai jalur Zubaydah. Rute ini  bermula dari Irak saat ini dan  dianggap sebagai salah satu rute ziarah dan perdagangan terpenting pada periode Islam. Kemudian tute Basrah-Makkah. Jalur ini disebut sebagai  jalur paling penting kedua. Rute ini  dimulai di kota pelabuhan Irak yang melewati selatan timur laut Semenanjung Arab, kemudian melalui Wadi Al-Batin. Setelah itu terus melewati gurun Al-Dahna yang terjal, di mana kemudian bergabung dengan jalur Kufah-Makkah.

Selanjutnya adalah rute Mesir ke Mekah. Rute ini adalah jalur  paling populer selama tiga abad pertama Hijriah. Rute ini banyak digunakan oleh para peziarah yang berasalh dari barat Maroko dan Andalusia di Spanyol saat ini.

Setelah itu tercatat rute Suriah. Jalurnya dimulai Damaskus melewati Daraa dan terus ke Al Ula di Arab Saudi saat ini. Setelah itu ada rute Tabuk ke Al Ula. Rute ini berkembang selama era Abbasiyah (750-1258) dimana arkeolog telah menemukan bukti adanya kolam, kanal, dan prasasti yang ditinggalkan oleh para pelancong di sepanjang jalan bersejarah ini.

Sejak zaman kuno, rute Yaman telah menghubungkan kota Aden, Taiz, Sanaa, Zabid dan Saada ke Hijaz di barat Arab Saudi, termasuk satu di sepanjang pantai, satu lagi melalui pedalaman dan satu di atas dataran tinggi. Laman arabnews menulis bahwa para khalifah dan sultan Islam selama berabad-abad telah mengurus rute ziarah ini. Mereka membangun tempat peristirahatan dan sumur di sepanjang jalan untuk melayani para peziarah haji yang lelah dan mengistirahtkan hewan mereka yang kehausan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw