Makna Bulan Muharam serta Sebutan Lainnya

muharam

Sebentar lagi pergantian tahun baru Islam di mulai. Bulan Muharam segera datang menjadi pertanda munculnya aawal tahun dalam kalender hijriyah. Sebenarnya apa arti dan makna bulan muharam? dan apa sebutan lainnya dari bulan mulia ini?

Menurut bahasa makna bulan muharam bisa diartikan sebagai diharamkan.  Abu ‘Amr ibn Al ‘Alaa mengatakan bahwa dinamakan bulan muharam karena dalam bulan tersebut diharamkan untuk berperang. Sebelum Islam datang, Muharam sejatinya menjadi bulan mulia karena tidak ada peperangan. Meski sebelum Islam namanya belum resmi Muharram. Dinamakan Muharram karena disepakati semua suku Arab bahwa pada bulan tersebut diharamkan (muharram) untuk berperang.

Sebutan lain bulan muharam juga ada. Salah satunya disebut dengan bulan Allah atau syahrullah. Hal ini sebagaimana hadis Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : أَفْضَلُ الصِّيَامِ، بَعْدَ رَمَضَانَ، شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada syahrullah yaitu Muharram.”

Hadits diatas menunjukkan ada keutamaan khusus dari bulan Muharram itu. Hal ini disebabkan karena lafzhul Jalalah (lafazh Allah) yang disandarkan kepadanya. Dalam hal ini para ulama menerangkan bahwa ketika suatu makhluk  disandarkan pada lafzhul Jalalah maka itu mengindikasikasikan tasyrif (pemuliaan) terhadap makhluk tersebut. Hal ini sebagaimanai  istilah baitullah (rumah Allah) bagi masjid dan lain sebagainya.

Al Hafizh Abul Fadhl Al ‘Iraqy rahimahulloh menjelaskan, “Apa hikmah dari penamaan Muharram sebagai syahrulloh (bulan Allah) sementara seluruh bulan milik Allah SWT? Mungkin dijawab bahwa hal itu dikarenakan bulan Muharram termasuk diantara bulan-bulan haram yang oleh Allah SWT diharamkan padanya berperang, disamping itu bulan Muharram adalah bulan perdana dalam setahun maka disandarkan padanya lafzhul Jalalah (lafazh Allah) sebagai bentuk pengkhususan baginya dan tidak ada bulan lain yang Nabi Muhammad shallallohu alaihi wasallam sandarkan kepadanya lafzhul Jalalah melainkan bulan Muharram”

Ada sebutan lain tentang bulan Muharam ini yaitu Syahrullah Al Asham  atau Bulan Allah yang Sunyi. Hal itu dilatarbelakangi bahwa bulan Muharam rena sangat terhormati karena . karena itu, tak boleh ada sedikitpun konflik di bulan ini.

Para ulama bersepakat bahwa keempat bulan haram tersebut memiliki keutamaan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain selain Ramadhan, namun demikian mereka berbeda pendapat, bulan apakah yang paling afdhal diantara keempat bulan haram yang ada ? Imam Hasan Al Bashri rahimahulloh dan beberapa ulama lainnya berkata, “Sesungguhnya Allah telah memulai  waktu yang setahun dengan bulan haram (Muharram) lalu menutupnya juga dengan bulan haram (Dzulhijjah) dan tidak ada bulan dalam setahun setelah bulan Ramadhan yang lebih agung di sisi Allah melebihi bulan Muharram”.

Hal yang sama juga dikemukakan Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitab Fathul Bari. Beliau menyebut dijadikannya Muharram sebagai awal tahun karena kesuciannya. Dengan dijadikannya Muharram sebagai awal tahun, maka tahun Hijriyah akan dimulai dengan bulan suci (Muharram) dan ditutup dengan bulan suci pula yaitu bulan Dzulhijjah. Itulah makna bulan muharam yang tidak dimana bulan ini sangat dimuliakan. Untuk itu mari memperbanyak beribadah kepada Allah Ta’ala. (Dari berbagai sumber)

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

iblis

Dialog Sufi dan Iblis

Dikisahkan Junaid Al Bagdad, serang sufi yang masyhur ini ingin bertemu Iblis. Hingga suatu hari akhirnya berjumpalah dengan makhluk laknatullah ini. Ada dialog menarik ketika

kulit kentang

Sepuluh Manfaat Kulit Kentang

Kentang dikenal sebagai umbi-umbian yang kaya manfaat untuk tubuh. Selain menyehatkan , rasanya juga enak ketika direbus atau digoreng. Namun ternyata kulit kentang juga mempunyai