Suguhan Khas yang Ada di Bulan Muharam

nasi jangkrik

Bulan Muharam bagi masyarakat Indonesia sangatlah erat kaitannya. Ada beberapa tradisi yang dilakukan masyarakat terkait dengan bulan mulia ini. Salah satunya adalah suguhan khas bulan Muharam yang terdapat di beberapa daerah.

Berikut adalah sajian khas yang ada di bulan Muharam.

  1. Bubur slabrak. Bubur ini adalah suguhan khas masyararakat Cirebon di bulan Muharam. Bubur terbuat dari tepung beras dengan santan yang berisi berbagai bahan makanan. Biasanya bubur ini dibagikan kepada tetangga atau kerabat dekat.
  2. Bubur As Syura. Bubur khas ini ada tiap perayaan as Syura tanggal 10 Muharam oleh masyarakat Banjar Kalimantan Selatan Bubur ini berwarna kuning dan rasanya gurih. Disamping itu juga bahan membuatnya yang bisa 41 jenis campuran.  Bubur Asyura ini biasanya terdiri dari sayuran dan kacang-kacangan. Jika kurang akan ditambah dengan bahan lainnya walaupun berupa batu atau lumut dan harus pas 41 jenis sesuai dengan tradisi. Bubur akan didoakan bersama kemudian dibagikan.
  3. Kanji Acura. Makanan menjadi suguhan khas masyarakat Aceh menyambut ritual  Asan Usen di bulan Muharam. Kanji Acura berbahan dari beras, santan kelapa, gula, kacang-kacangan (reute), pepaya (boh peute), delima (boh glima), dan umbi-umbian. Kanji Acura ini akan diletakkan disuatu tempat yang disiapkan secara komunal di Meunasah. Setelah itu dibagikan.
  4. Nasi jangkrik. Nasi unik ini ada di Kabupaten Kudus Jawa tengah. . Nasi ini biasanya ada ketika tradisi buka kluwur yaitu kain yang ada di makam Sunan Kudus. Di dalam nasi jangkrik terdapat nasi dan sedikit daging kerbau atau kambing yang dibungkus dengan daun jati. Daging tersebut dimasak menggunakan bumbu uyah asem
  5. Bubur Suro. Makanan ini lazim ditemukan setiap bulan Muharam di Jawa tengah dan Jawa Timur.  Bubur suro ini disajikan pada malam pergantian tahun. Bubur khas ini dibuat dari campuran beras, santan, jahe dan sereh. Rasanya gurih dan ada toping taburan jeruk bali, buah delima, kacang, irisan mentimun dan daun kemangi.

Masih banyak suguhan khas lainnya pada bulan Muharam ini. itu adalah bagian budaya yang harus dilestarikan. ( Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

iblis

Dialog Sufi dan Iblis

Dikisahkan Junaid Al Bagdad, serang sufi yang masyhur ini ingin bertemu Iblis. Hingga suatu hari akhirnya berjumpalah dengan makhluk laknatullah ini. Ada dialog menarik ketika

kulit kentang

Sepuluh Manfaat Kulit Kentang

Kentang dikenal sebagai umbi-umbian yang kaya manfaat untuk tubuh. Selain menyehatkan , rasanya juga enak ketika direbus atau digoreng. Namun ternyata kulit kentang juga mempunyai