Pasar Bersejarah Souq Suwaiqah di Madinah Dibuka Kembali

pasar

Pasar bersejarah di Madinah kembali dibuka. Pasar atau Souq Suwaiqah adalah pasar yang telah berumur ratusan tahun. Pasar ini ditutup setelah mengalami kebakaran hebat.

Pembukaan pasar kuno ini adalah hasil sebuah program yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi. Program diluncurkan beberapa bulan lalu dengan merestorasi pasar lama. Sebuah proyek baru, “Al-Ainiyah dan Suwaiqah,” diluncurkan, yang merupakan bagian dari proyek dan inisiatif Namaa Al-Munawara.

Proyek ini bertujuan untuk mensimulasikan pasar lama dan menghidupkannya kembali. Tentu saja ada beberapa perubahan seperti memadukan modernitas dan sejarah untuk mendukung kewirausahaan dan berkontribusi untuk mempromosikan bisnis dan warisan.

Perdagangan tekstil mendominasi pasar Souq Suwaiqah yang terletak di sebelah barat Masjid Nabawi Madinah. Selain itu perdagangan emas, parfum dan produk lainnya juga terdapat di pasar tersebut.  Sebelum kebakaran besar pada tahun 1976 yang menghancurkannya sepenuhnya, pasar ini dulunya menjadi saksi banyaknya pembeli dan pengunjung, terutama selama Ramadhan dan hari libur serta acara lainnya. 

Beberapa sejarawan percaya bahwa souq atau pasar Suwaiqah ini sudah ada lebih dari 430 tahun. Sheikh Abdul Haq Dahlavi, seorang ulama, menyebutkan dalam salah satu bukunya bahwa yang letaknya jalan terbesar di sini yaitu ‘Jalan Al-Ainiyah, di mana  tempat pasar berada.

Memang banyak pasar di Madinah. Selain itu ada juga pasar lama yaitu Souq Al-Manakhah yang sudah berdiri sejak zaman Nabi Muhammad SAW, kini bisa kembali disaksikan kesibukannya di Madinah.

“Beberapa sejarawan percaya bahwa souq atau pasar Suwaiqah ini sudah ada lebih dari 430 tahun. Sheikh Abdul Haq Dahlavi, seorang ulama, menyebutkan dalam salah satu bukunya bahwa letaknya di jalan terbesar yang disebut disebut ‘Jalan Al-Ainiyah, di mana  tempat pasar berada.”

Souq Al-Manakhah terletak di barat daya Masjid Nabawi, Keberadaan pasar ini berawal sat seorang sahabatt Nabi SAW, Ataa Bin Yasar, mengatakan bahwa ketika orang-orang Madinah meminta Nabi untuk memilih souq untuk mereka, beli memilih memilih souq ini.

Seperti dilansir Saudigazette.com, tidak ada bangunan permanen yang dibangun di Al-Manakhah, sesuai dengan perintah Khalifah Umar Bin Al-Khattab yang sempat menyatakan bila souq anugerah bagi umat Islam. Al-Manakhah tetap menjadi pasar umum dan tempat di mana para peziarah bisa beristirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

iblis

Dialog Sufi dan Iblis

Dikisahkan Junaid Al Bagdad, serang sufi yang masyhur ini ingin bertemu Iblis. Hingga suatu hari akhirnya berjumpalah dengan makhluk laknatullah ini. Ada dialog menarik ketika

kulit kentang

Sepuluh Manfaat Kulit Kentang

Kentang dikenal sebagai umbi-umbian yang kaya manfaat untuk tubuh. Selain menyehatkan , rasanya juga enak ketika direbus atau digoreng. Namun ternyata kulit kentang juga mempunyai