Telaga Al Kautsar, Telaga yang Dijanjikan bagi Orang yang Bertaqwa

al kautsar

Gambaran surga sering dikabarkan oleh Rasulullah sawa. Salah satunya adalah gambaran tentang sungai dan telaganya. Diantara telaga ataupun sungai itu ada yang bernama telaga al Kautsar.

Surga digambarkan memiliki banyak telaga dan sungai. Sungai-sungai surga ini memancar dari bawah-bawah bukit. Salah satu sungai yang dibanggakan Nabi saw kelak di surga adalah sungai Al-Kaustar.

Dikisahkan saat Isra’ dan Mi’raj, Rasulullah saw melihat sungai yang dinamakan al-Kautsar. Disebutkan dalam sebuah hadis dari Anas bin Malik ra, bahwasanya Nabi saw bersabda: “Ketika kami berjalan di surga , tiba-tiba ada sungai yang pinggirnya berupa kubah dari mutiara berongga. Aku bertanya, ‘Apa ini, wahai Jibril?’’ Jibril menjawab, ‘Inilah Al-Kautsar yang Allah Ta’ala berikan untukmu.’ Ternyata tanahnya atau bau wanginya terbuat dari minyak misk adzfar.” (HR. Al-Bukhari)

Sedangkan riwayat lain mengatakan bahwa telaga Al-Kautsar adalah sebuah sungai di dalam surga yang kedua tepinya dari emas. Airnya mengalir di atas mutiara. Tanahnya lebih wangi dari misk. Airnya lebih manis dari madu. Dan warnanya lebih putih dari salju.”

Selain itu riwayat dari Anas berkata. Suatu hari ketika Rasulullah SAW di antara kami, tiba-tiba Beliau tertidur sejenak, lalu Beliau mengangkat kepalanya sambil tersenyum. Maka kami berkata, “Apa yang membuatmu tersenyum wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Baru saja diturunkan kepadaku satu surah.” Beliau pun membacakan surah itu, “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.–Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) Al Kautsar– Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah– Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).” (Qs. Al Kautsar: 1-3) Kemudian Beliau bersabda, “Tahukah kamu apa Al Kautsar?” Kami menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.” Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku.” Maka dikatakan, “Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu.”

Disebutkan bahwa telaga al Kautsar ini ini dilingkari oleh bukit-bukit yang terdiri dari permata-permata indah. Adapun tanahnya mempunyai bau wewangian yang paling menyenangkan. Tepian sungai ini terdiri dari emas sedangkan anak-anak batunya dari mutiara. Diantara keajaiban telaga al Kautsar  adalah :

1. Airnya tidak berubah rasa dan baunya.

2. Air susu yang tidak berubah warna dan rasanya.

3. Air anggur yang lezat dan tidak memabukkan bagi peminumnya.

4. Barangsiapa meminum air dari Al-Kautsar ini walau hanya sekali teguk, maka dia tidak merasakan haus untuk selama-lamanya. (Dari berbagai sumber)

Waallahu A’lam Bishowab  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain