5 Cara Hidup Sehat Keluarga

Tip untuk melakukan cara hidup sehat keluarga sudah banyak beredar, namun tidak ada salahnya Pitutur.id menuliskan sedikit tip 5 cara hidup sehat keluarga.

Kesibukan dapat menyulitkan kesehatan keluarga kita. Kita sulit menemukan waktu untuk melakukan aktifitas fisik.

Apalagi ada kebiasaan memilih camilan yang tidak sehat, makanan siap saji yang dibawa pulang atau menghabiskan waktu luang untuk menonton TV atau di surfing di depan komputer.

Gaya hidup seperti ini jelas bisa berbahaya bagi kesehatan kita maupun anak kita. Untuk itulah mengapa sangat penting untuk berhenti, dan membuat keputusan adak sadarnya mengikuti gaya hidup sehat.

5 Cara Hidup Sehat Keluarga

Ada 5 cara hidup sehat untuk keluarga Anda untuk menjalani gaya hidup sehat, yang disarikan dari healthykids.nsw.gov.au:

1. Aktifitas fisik secara teratur

Aktivitas fisik secara teratur penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan kesejahteraan anak-anak dan remaja yang sehat. Mereka harus melakukan setidaknya 60 menit aktivitas fisik setiap harinya.

Termasuk di dalamnya kegiatan yang memperkuat otot dan tulang setidaknya 3 hari dalam seminggu. Orangtua harus menjadi teladan yang baik dan memiliki sikap positif untuk menjadi aktif.

2. Pilih air putih sebagai minuman.

Air putih adalah cara terbaik untuk memuaskan dahaga Anda . dan itu tidak itu tidak datang dengan minuman yang mengandung tambahan gula dalam jus buah, minuman ringan, dan minuman manis lainnya.

Mengurangi lemak susu untuk anak-anak di atas dua adalah minuman bergizi dan sumber kalsium. Beri anak buah utuh untuk dimakan, daripada menawarkan jus buah yang banyak mengandung gula.

3. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Makan buah dan sayuran setiap hari membantu anak-anak tumbuh dan berkembang, meningkatkan vitalitas mereka dan dapat mengurangi resiko banyak penyakit kronis.

Usahakan makan dua porsi buah dan lima porsi sayuran setiap hari. Sediakan buah segar sebagai camilan yang nyaman dan cobalah untuk memasukkan buah dan sayuran setiap kali makan. 

4. Matikan layar televisi dan atau gawai

Menetap atau ‘tetap’ menghabiskan waktu menonton TV, berselancar online atau bermain game di handphone menjadi kan Anda kelebihan berat badan atau obesitas.

Anak-anak dan remaja harus menghabiskan tidak lebih dari dua jam sehari untuk hiburan ‘layar kecil’. Pisahkan penggunaan jangka waktu yang lama sesering mungkin.

Rencanakan berbagai permainan atau kegiatan aktif di dalam dan di luar ruangan untuk anak-anak Anda, sebagai alternatif untuk menonton TV atau bermain di komputer.

5. Makan lebih sedikit dan pilih alternatif yang lebih sehat

Makanan ringan yang sehat membantu anak-anak dan remaja memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka. Makanan ringan berdasarkan buah dan sayuran, produk susu rendah lemak dan biji-bijian adalah pilihan yang paling sehat.

Hindari camilan yang tinggi gula atau lemak jenuh – seperti keripik, kue dan cokelat – yang dapat menyebabkan anak-anak kelebihan berat badan.

1 thought on “5 Cara Hidup Sehat Keluarga”

  1. Pingback: Hindari Gaya Hidup Kurang Gerak agar Tubuh Tetap Fit » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain