Ini Cara Mencuci Masker yang Baik dan Benar

Masker menjadi bagian yang penting di masa pandemi ini. Selain meningkatkan imunitas, kita harus menggunakan masker untuk melindungi diri kita dari virus. Tak salah kalau masker yang kita pakai harus diganti setiap harinya.

Sebuah penelitian menyebut virus masih dapat terdeteksi di luar masker bedah tujuh hari setelah terpapar.

dr. Muhamad Fajri Adda’i, seorang pakar kesehatan dan praktisi klinik sekaligus relawan COVID-19, menyarankan Anda mencuci masker setelah digunakan.

Jika masker menjadi lembap karena olahraga atau aktivitas maka ganti sesegera mungkin. Berikut adalah tips bagaimana cara mencuci masker :

Pertama, pertimbangkan jenis bahan masker. Laman Medical Daily menyebutkan dalam mencuci masker sebaiknya mempertimbangkan jenis kainnya.

Jika masker kain terbuat dari 100% katun bisa dicuci seperti pakaian biasa lainnya yakni menggunakan deterjen. Sebaiknya hindari aroma berlebihan pada deterjen.

Kedua, rendamlah dengan air panas. Menurut Fajri sebaiknya masker direndam dengan penggunaan air panas hingga klorin selama lima menit. Kemudian bilas menggunakan air bersuhu kamar.

Ketiga, Sebaiknya dikerangkan di bawah sinar matahari langsung. Setelah selesai dicuci, maka biarkan sampai kering.  Jika Anda tidak menggunakan pengering, biarkan masker mengering di bawah sinar matahari langsung.

Johns Hopkins mengatakan, juga bisa dengan cara mencuci masker di wastafel atau bak mandi dengan air sabun panas, menggosoknya setidaknya selama 20 detik dan kemudian mengeringkannya di pengering.

Saat mencucinya secara benar, Fajri mengingatkan pakailah masker secara pas. Pemakaian yang tidak benar dam menimbulkan celah bisa menurunkan efisiensi penyaringan lebih dari 60 persen.

“Memakainya harus dari hidung sampai dagu. Kalau miring-miring, ya percuma. Pakai masker harus pas. Kalau pakai masker jangan dilepas-lepas, kalau mau dilepas pergi ke tempat kosong. Melepasnya dari belakang. Jangan dilepas saat ada orang lain,” tutur Fajri seperti dilansir laman antaranews.com.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang