Waktu Terbaik Mengkonsumsi Air Putih

Meminum ai putih adalah salah satu cara untuk menjadikan tubuh kita segar. Ada banyak manfaat ketika kita sering rajin mengkonsumsi air putih. Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan jumlah asupan air putih 2,7 liter per hari untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria.

Tidak disarankan mengkonsumsi air putih berlebihan karena dapat menyebabkan keracunan air yang berakibat hiponatremia atau kekurangan garam dalam tubuh. Efek terburuknya adalah menyebabkan sakit kepala, kram otot, bahkan dapat menyebabkan kejang, dan berujung pada kematian. Jadi minum air putih secukupnya ya, tidak kurang tidak juga berlebihan.

 Manfaat air putih tidak hanya dirasakan dengan seberapa banyak kita meminumnya, tetapi juga waktu yang tepat untuk

Berikut waktu-waktu yang tepat untuk minum  air putih.

Setelah bangun tidur. Menurut dokter umum RS Pondok Indah (RSPI) – Pondok Indah, I Made Tirta Saputra minum air putih usai bangun tidur menjadi salah satu waktu terbaik.  “Minum air putih 1-2 gelas setiap bangun tidur juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika Anda terlelap semalaman. Air putih juga dapat membantu proses metabolisme tubuh,” katanya seperti dilansir laman antaranews.

Sebelum tidur. Minum air putih sebelum tidur malamsangat disarankan. Air putih dapat membantu  meningkatkan kualitas tidur. Minumlah air putih secukupnya saja agar tidak terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Sebelum dan setelah olah raga. Mengkonsumsi air putih sebelum dan sesudah berolahraga sangat penting karena mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berolahraga. “Selain itu, pada kondisi pandemi seperti saat ini air putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang