Ramuan Herbal untuk Batu Ginjal

Batu ginjal dalam istilah kedokteran disebut nephrolithiasis atau renal calculi. Penyebab penyakit ini adalah kelebihan sekresi hormon paratiroid, asidosis pada tubulus ginjal, peningkatan pada asam urat yang biasanya bersamaan dengan radang persendian, infeksi saluran kencing dan terlalu banyak makan yang mengandung kalsium.

Pembentukan batu ginjal terjadi pada bagian mana saja di saluran kencing. Namun biasanya terbentuk pada dua bagian terbanyak pada ginjal yaitu pasu ginjal dan calix renalis. Untuk ukurannyapun bervariasi. Batu ginjal yang kecil tidak menimbulkan gejala. Namun batu yang berada di dalam kandung kemih berakibat nyeri di perut bagian bawah. Batu ginjal bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

Ada beberapa cara untuk mengobati batu ginjal ini. Apabila batu ginjal masih kecil maka dapat disembuhkan dengan minum sebanyak-banyaknya. Hal ini untuk merangsang pengeluaran air kemih yang bisa jadi batu ginjal keluar bersamaan dengan urin. Namun jika batu ginjal sudah besar maka perlu tindakan medis untuk menghancurkan atau melarutkannya.

Berikut beberapa ramuan herbal yang bisa diminum untuk menyembuhkan batu ginjal.

Pertama, ramuan dari Nusa Tenggara Barat. Bahan terdiri dari kumis kucing 20 gram, pegagan 20 gram, alang-alang 20 gram, babakan bengkel atau gabus batang  bunga matahari 10 gram, sambiloto 20 gram dan air 3 gelas.

Adapun cara pembuatannya adalah direbus dengan tiga gelas air kemudian disaring hingga menjadi satu gelas. Setelah selesi diminum dua kali sehari selama 8 minggu.

Kedua, ramuan dari Lampung. Adapun bahannya terdiri dari daun muda bunga sepatu 40 lembar dan air matang 1 gelas. Cara pembuatannya bahan diperas dengan air matang lalu disaring. Setelah itu diminum satu gelas sehari. ( Disadur dari buku Dokumentasi Ramuan Etnomedisin : Obat Asli Indonesia)

Selamat mencoba.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw