Tips Minum Kopi agar Tambah Sehat

Minum kopi adalah salah satu hal yang paling menyenangkan. Kini minum kopi telah menjadi tren. Beraneka minuman olahan kopi telah beredar untuk menarik minat milenial minum kopi. Saat ini banyak dijumpai kopi campuran mulai dari susu gula aren, boba hingga cincau.  

“Kopi memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain bisa mengurangi gangguan fungsi otak, risiko diabetes tipe 2, menurunkan risiko kanker, melindungi hati, sampai mencegah depresi,” kata ahli gizi dari Mayapada Hospital Kuningan, Ika Setyani seperti dilansir laman antaranews.  Menurut penelitian minum kopi sesungguhnya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.Disebutkan oleh Fat Secret, dalam secangkir (240 ml) kopi hitam mengandung 2 kalori, lemak 0,05 gram, karbohidrat 0,09, dan protein 0,28 gram, kandungan gula dan serat 0 gram.

Namun apakah kopi yang sekarang beredar dengan berbagai campuran di dalamnya aman untuk kesehatan. “Kopi sebenarnya sehat, tapi terkadang bahan campuran di dalamnya yang kerap membuat kopi jadi berkurang khasiatnya, dan mungkin berbahaya,” kata Ika.

Ada beberapa tips agar minum kopi menjadikan Anda lebih sehat.

1. Kurangi gula. Takaran gula dalam minuman kopi menjadi salah satu sebab munculnya masalah. Penambahan gula yang cenderung berlebihan untuk satu cangkir kopi bisa menmbulkan masalah kesehatan. Kementerian Kesehatan telah menganjurkan bahwa konsumsi gula maksimal adalah 50 miligram atau 4 sendok makan per hari. “Semua makanan yang Anda makan itu juga mengandung gula, dan itu juga masuk dalam hitungan angka kecukupan gizi, jadi gula yang ada di nasi atau karbohidrat lain juga masuk dalam hitungan total 4 sendok makan gula per hari,” kata Ika.

2. Minumlah kopi sehabis makan. Hal ini penting dilakukan karena kopi mengandung asam. Tingkat keasaman umumnya berkisar pada pH 5 dan aman dikonsumsi. Biarpun aman minum sebaiknya setelah perut terisi.  “Minum kopi harus setelah makan. Minum kopi sebelum makan bisa meningkatkan kadar asam lambung yang bersifat korosif. Saat belum makan asam lambung akan meningkat, asamnya makin naik kalau ditambah kopi,” jelas Ika.

3. Secangkir sehari. Minum kopi menjadikan kita sering buang air keci. Hal itu disebabkan karena kandungan kafeinnya tinggi dan sifatnya diuretik (mengeluarkan cairan tubuh). Sering minum kopi juga tanpa diimbangi dengan mengkonsumsiair putih yang banyak akan menyebabkan dehidrasi. Sebuah studi menyebutkan bahwa asupan maksimal kafein per hari adalah 400 mg.

4. Tak perlu menambah dengan krimmer. Rasa kopi akan lebih nikmat kalau menambahkan krimer didalamnya. Namun ingat krimer juga mengandung lemak yang tinggi. Jadi semakin banyak memakai pakai krimer di kopi, lemak yang masuk tubuh juga semakin banyak.

Dalam 1 sendok teh kopi krimer bubuk mengandung 11 kalori dengan kandungan lemak 0,71 gram. Sementara kebutuhan lemak lima sendok makan (67 gram) per hari.

“Ini total per hari ya, sedangkan biasanya orang pakai krimer rata-rata lebih dari satu sendok teh, dan makanan mereka sudah tinggi lemak, jadi hati-hati lah.”

Agar lebih sehat ganti krimer dengan susu non-fat, susu low-fat, susu kedelai, atau susu almond.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain