Manfaat Kayu Manis dan Lemon

Antiseptik bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah menularnya virus corona. Antiseptik biasanya digunakan dalam disinfektan. Bahan kimia seringkali digunakan untuk membuat disinfektan biasanya bisa menjadi sumber alergi dan mengganggu pernafasan.

“Sebenarnya banyak sekali bahan-bahan natural dari alam yang ketika diformulasikan bersama-sama, bisa menjadi bahan antiseptik yang bukan hanya aman bagi anak-anak, tetapi juga untuk ibu hamil, menyusui dan untuk mereka yang memiliki alergi pernapasan pada aroma yang menyengat akibat bahan kimia berbahaya yang ada di dalam disinfektan tersebut,” kata Welly founder dari Beauty Barn Indonesia seperti dilansir laman antaranews.

Disebutkan oleh Welly Ng bahwa banyak bahan alami yang bisa menjadi bahan antiseptik yang aman khususnya anak-anak yaitu kayu manis.  “Menurut penelitian dari Swinburne University of Technology oleh Dr Sanjida Topa, senyawa Cinnamaldehyde (CAD) yang ada dalam aroma dan citarasa kayu manis yang unik, ternyata dapat menerobos biofilms, lapisan pelindung yang dibangun oleh bakteri untuk menyerang sistem imun kita melalui infeksi,” tambahnya.

Selain kayu manis, lemon juga disebut ampuh sebagai antiseptik dan disinfektan. Hal ini disebabkan karena lemon memiliki  karakter dapat menurunkan pH dalam lingkungan sehingga siklus hidup bakteri tidak dapat bertahan dalam pH yang rendah. “Jika lemon dan kayu manis diformulasikan menjadi satu sebagai antiseptik dalam disinfektan, terutama jika tidak mengandung pewangi buatan, maka sesak napas yang sering dialami banyak orang ketika menghirup disinfektan akan dapat dihindari,” kata dia.

Selain itu kayu manis dan lemon dapat sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan dan mencegah beberapa jenis penyakit. Berikut beberapa ramuan antara kayu manis dan lemon seperti dilansir dari laman steptohealth.com

1. Turunkan berat badan.  Perpaduan antara kayu manis dan lemaon mempu meningkatkan metabolisme tubuh. Disebutkan bahwa Kayu manis membantu mengendalikan kadar insulin dan karbohidrat dalam darah. Untuk itu ramuan kayu manis dan lemon tiap haru membuat lemak dalam tubuh akan lenyap. Dampaknya berat badan akan turun. Adapun cara membuatnya adalah sediakan 1 batang kayu manis, 5 sendok makan (50 ml) jus lemon, 1 sendok teh madu, dan 1 gelas (250 ml) air. Setelah itu panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan kayu manis dan madu. Biarkan bahan ini meresap selama 15 menit, lalu diamkan 10 menit. Setelah itu minum setiap pagi 20 menit setelah makan

2.Mengatasi Flu. Perpaduan antara kayu manis dan lemon sangat efektif melawan flu. Kandungan vitamin C dalam lemon serta efej Ramuan ini efektif karena kandungan vitamin C dari efek anti bakteri dari kayu manis adalah penyebabnya.

Cara membuat ramuan untuk mengatasi flu: Siapkan 1 batang kayu manis, 1 cangkir (250 ml) jus jeruk, 5 sendok makan (50 ml) jus lemon dan 1 sendok teh madu. Kemudian Panaskan jus jeruk, kayu manis, dan madu selama 5 menit. Setelah itu, ambil batang kayu manis dan masukkan jus lemon ke dalam jus jeruk dan madu. Sebaiknya ramuan ramuan ini pagi hari.

3. Mengatasi radang sendi. Kayu manis dan lemon juga dapat mengalami radang sendi. Lemon kaya akan vitamin C yang penting untuk menghasilkan kolagen.Selain itu, lemon juga  antioksidan yang sangat efektif mengurangi peradangan.  Sedang kayu manis disebutkan ada kandungan zat anti inflamasinya. Adapun cara membuatnya adalah sediakan 1 batang kayu manis, 5 sendok makan (50 ml) jus lemon, 1 sendok teh madu, dan 1 gelas (250 ml) air. Setelah itu panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan kayu manis dan madu. Biarkan bahan ini meresap selama 15 menit, lalu diamkan 10 menit. Setelah itu minum setiap pagi saat perut kosong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang