Manfaat Mengkonsumsi Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan khasiat. Buah ini adalah salah satu jenis dari beberapa jenis kaktus yang termasuk marga Hylocereus dan Selenicereu. Buah Naga sekarang sangat populer dan mudah di dapat.

Buah yang  berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Menurut sebuah studi penelitian di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences mengandung banyak vitamin. Dalam buah naga terdapat vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, vitamin E dan mengandung banyak kalium, magnesium, seng, dan fosfor. Selain itu pada nuah naga juga memiliki kalsium, tembaga dan zat besi dalam jumlah yang lebih kecil, kaya akan senyawa seperti polifenol, flavonoid, karotenoid, betaxanthins dan betacyanins.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah naga menurut Boldsky yang dilansir dari laman antaranews :

Meningkatkan imunitas. Adanya vitamin C dan flavonoid dalam buah naga mengindikasikan bahwa buah naga dapat memperkuat sistem imun dan menghindarkan tubuh dari infeksi berbahaya. Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air yang membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

Menurunkan risiko diabetes. Studi telah menunjukkan efek anti-diabetes buah naga merah yang dapat dikaitkan dengan kandungan antioksidan dan serat makanan

Meningkatkan kesehatan jantung.  Kandungan betaxanthins dan flavonoid pada buah naga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Studi tahun 2004 menemukan bahwa buah naga mengandung betaxanthins yang mencegah kolesterol LDL (jahat) teroksidasi atau rusak.

Menetralkan radikal bebas. Pada buah naga terdapat banyak antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas dan dapat mencegah kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa karotenoid dan betaxanthins yang ada dalam buah naga dapat menurunkan risiko kanker.

Meningkatkan kesehatan kulit . Karena buah naga kaya akan antioksidan yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap kencang.

Menunjang kesehatan mata . Adanya sumber yang kaya vitamin A dalam buah naga tentu berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang