4 Manfaat Cabai, dari Cegah Stroke hingga Kanker

Manfaat Cabai

Anda suka cabai? Ada sebuah penelitian menarik mengenai manfaat cabai. Makanan yang rasanya pedas ini ternyata membuat Anda terhindar dari penyakit jantung, kanker dan panjang umur.

Disebutkan dalam penelitian tersebut bahwa orang yang mengkonsumsi cabai memiliki risiko yang lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya.

Laman Health melansir bahwa penelitian tersebut menganalisi lebih dari 4.729 studi sebelumnya. Data tersebut diambil dari lima database kesehatan global terkemuka, yang mencakup catatan kesehatan dan pola makan lebih dari 570.000 orang di Amerika, China, Iran, dan Italia.

Disebutan dalam penelitian itu bahwa cabai dengan berbagai varietasnya memiliki efek pengaturan anti inflamasi, anti oksidan, anti kanker, dan mengatur glukosa darah.

Manfaat Cabai

Berikut ini adalah beberapa manfaat cabai bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cabai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam cabai terkandung vitamin A yang sangat diperlukan dalam sistem kekebalan tubuh.

Tanya B. Freirich Ahli kesehatan bersertifikat asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa  cabai merah, termasuk cabai rawit, merupakan salah satu sumber vitamin A.

“Vitamin A diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan juga dikenal untuk membantu kesehatan mata,” kata Tanya.

2. Perlindungan Radikal Bebas

Seperti diketahui vitamin A merupakan antioksidan yang kuat seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin. Zat-zat yang baik untuk tubuh itu semuanya terkandung di dalam cabai.

Ilmuwan kesehatan, Harris-Pincus mengatakan zat-zat tersebut membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang dihasilkan akibat stres dan memicu kerusakan sel tubuh dan berbagai penyakit kronis.

Manfaat Sayur Cabai

3. Menurunkan Kadar Kolestoral

Menurunkan kadar kolesterol “jahat”. Cabai rawit dikenal mampu tidak hanya menurunkan kolesterol darah dan kolesterol “jahat” atau LDL serta trigliserida saja.

Namun cabai juga mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mencegah penyumbatan darah. Hal inilah yang dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

Sebuah studi tahun 2017 menyebutkan bahwa ada keterkaitan konsumsi cabai merah dengan penurunan angka kematian akibat penyakit jantung dan stroke hingga 13 persen.

4. Meningkatkan Metabolisme

Meningkatkan metabolisme. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat bahwa makanan pedas yang mengandung cabai dapat meningkatkan metabolisme pada orang-orang yang mengalami obesitas.

Namun Harris-Pincus mengingatkan bahwa kondisi ini juga harus disertai dengan pola makan yang sehat, istirahat cukup, serta olahraga ringan teratur.

“Konsumsi cabai pada penderita obesitas dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membakar lebih banyak kalori baik saat istirahat maupun selama olahraga, dan dapat meningkatkan jumlah lemak yang dibakar,” kata Harris-Pincus seperti dikutip dari laman antaranews.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang