Studi : Mengonsumsi Buah Mangga bisa Mengurangi Keriput

Mangga adalah salah satu jenis buah-buahan yang bisa dibilang rajanya atau king of fruit. Buah ini banyak didapati di Indonesia. Banyak sekali manfaat dari buah mangga salah satunya adalah untuk mengurangi keriput.

Bahkan saat ini beberapa produk kecantikan yang mencantumkan mangga sebagai salah satu bahan dasarnya.  Selain lezat, mangga dapat memberikan manfaat baik bagi kulit.

Disebutkan dalam penelitian yang dilakukan oleh University of California Davis, mengkonsumsi buah mangga madu ternyata bisa mengurangi kerutan wajah pada wanita yang berusia lebih tua.

Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrients mencatat ada 28 orang wanita pascamenopause yang makan setengah cangkir mangga madu selama ​​empat kali seminggu dilaporkan keriputnya berkurang sebanyak 23 persen. “Ini peningkatan signifikan pada kerutan,” kata penulis utama Vivien Fam, seorang mahasiswa doktoral di Departemen Gizi UC Davis, seperti dilansir laman antaranews.  

Namun para peneliti menemukan argumentasi mengenai konsumsi mangga berlebihan bisa meningkatkan keparahan keriput.  Mereka berspekulasi hal itu terjadi karena kemungkinan terkait dengan jumlah gula yang kuat dalam porsi mangga.

“Sistem yang kami gunakan untuk menganalisis kerutan memungkinkan kami untuk tidak hanya memvisualisasikan kerutan, tetapi juga mengukur kerutan,” kata Robert Hackman, profesor di Departemen Nutrisi UC Davis dan penulis studi.

Ditambahkan hal itu mungkin karena efek menguntungkan dari karotenoid (pigmen oranye atau merah pada tanaman) dan fitonutrien lain yang dapat membantu membangun kolagen.

Namun hasil temuan juga memperlihatkan bahwa jika mengkonsumsi mangga secara berlebihan akan ada resiko peningkatan kerutan dalam periode yang sama. Untuk itu para peneliti menyarankan perlu studi lebih lanjut terkait mempelajari mekanisme di balik pengurangan keriput.  

Dalam beberapa studi disebutkan bahwa buah mangga kaya akan manfaat. Rasanya yang lezat buah yang banyak jenisnya ini dipercaya mampu mencegah berbagai penyakit. Dalam buah mangga terdapat rendah kalori dan serat tinggi. Disamping itu juga sebagai sumber vitamin A, C dan E, B6, zat besi dan anti oksidan.  

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang