Manfaat Susu Kambing bagi Tubuh

Mengonsumsi susu hewani menjadi penting untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah minum susu kambing. Ada banyak ada manfaat susu kambing jika diminum yaitu kaya akan nutrisi penting, rendah laktosa dan mudah dicerna.

Di dalam susu kambing  terdapat nutrisi penting seperti lemak, protein, vitamin dan mineral seperti vitamin B6, vitamin A, kalsium hingga fosfor. Disebutkan dalam penelitian susu kambing mengandung 25 persen lebih banyak vitamin B6, 47 persen lebih banyak vitamin A dan 13 persen lebih banyak kalsium jika dibandingkan dengan susu sapi. Di samping itu susu kambing aman dikonsumsi bayi karena memiliki daya cerna yang lebih tinggi.

Bagi tubuh, manfaat susu kambing antara lain sebagai berikut :

Mencegah Penyakit jantung

Menurut studi yang diterbitkan oleh Journal of Diary Science menemukan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Itulah sebabnya mengonsumsi susu kambing dapat menjaga kesehatan jantung karena kandungan magnesiumnya yang tinggi. Magnesium adalah mineral penting bagi jantung yang fungsinya adalah mencegah gumpalan darah dan meningkatkan kolesterol baik.   

Memperkuat tulang

Kekayaan kalsium dalam susu kambing menjadi mineral yang penting untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengonsumsi susu kambing dapat memberikan jumlah kalsium yang banyak dan menurunkan risiko terkena osteoporosis.   

International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research menyebutkan bahwa susu kambing juga mengandung asam lemak rantai menengah, yang berperan besar dalam penyerapan kalsium dan fosfor. Perlu diketahui bahwa dua mineral penting yang membantu menjaga kesehatan tulang.

Menurunkan peradangan

Dalam susu kambing terdapat sifat anti-inflamasi yang membantu melawan peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa susu kambing mengandung oligosakarida yang mungkinkan berguna dalam mengelola penyakit radang usus.

Mengobati anemia

Susu kambing memiliki bioavailabilitas zat besi yang lebih tinggi daripada susu sapi. Artinya, konsumsi susu kambing akan membantu meningkatkan kadar zat besi dan mengurangi risiko anemia defisiensi besi.

Meningkatkan kesehatan kulit

Pada susu kambing terdapat sumber vitamin A yang baik yang  membantu memperbaiki kulit, mengurangi jerawat dan menunda timbulnya kerutan. Di  samping itu pada susu kambing mengandung asam laktat yang membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw